Translate To Your Language

Kamis, 09 Mei 2013

Mengatasi Sesuatu Yang Aneh

Mengatasi Sesuatu Yang Aneh

1.Usahakan Tenang
2.Gunakan Akal Sehat Atau Berpikir Rasional
3.Gunakan Logika
4.Gunakan Pengetahuan Ilmiah
5.Pastikan Apa Yang Dilihat
6.Cari informasi Sebanyak Mungkin

Mengatasi Sesuatu Yang Aneh


Mengatasi Sesuatu Yang Aneh


Pernahkah anda melihat sesuatu yang aneh, atau kaget ketika melihat benda atau sesuatu yang sulit anda terima dengan akal sehat anda.


Cobalah beberapa cara dibawah ini untuk mengatasinya :


1.    Usahakan Tenang

Usahakan pikiran tetap tenang, dan amati benda yang aneh tersebut, ketenangan kita setelah kita kaget dengan apa yang kita lihat menentukan pikiran kita memutuskan benda apa yang membuat kita kaget.

Sangat sulit untuk tenang ketika kita mengalami melihat sesuatu yang aneh, coba belajar cara menangkan diri ketika di kagetkan. Bisa dilakukan dengan menarik nafas, kontrol nafas kita agar bisa bernafas normal.

Ketenangan berpengaruh kepada cara kita bernafas, perhatikan perbedaan cara nafas kita ketika kita dikagetkan dan dalam keadaan normal. Jika kita bisa membekan, sangat diperlukan kita berusahan bernapas normal

Biasanya jika seseorang di kagetkan akan membuat napasnya terburu-buru, tersengal dan tidak teratur, cobalah dalam keadaan begini tarik napas yang panjang, lalu keluarkan dari hidung perlahan-lahan, lakukan terus meneru sampai detak jantung kita perlahan normal.

Dengan ketenangan kita, ketika melihat sesuatu yang aneh seperti bayangan menggerikan, hantu atau binatang yang aneh, pikiran kita bisa berfungsi dengan baik.

Gunakanlah pikiran tersebut dengan baik, berpikir logis, akal sehat dan ilmiah, karena benda apapun yang ada didunia ini bisa kita pelajari.

Jadi pastikan dengan ketenangan kita, kita menguasai diri kita terlebih dahulu, terutama pikiran kita dalam mengira dan menganalisis makhluk apa yang kita lihat tersebut. Jangan langsung kabur, karena pikiran kita akan mengira-mengira terus hingga akhirnya pola pikir kita terbentuk dari hasil perkirakan kita dan orang lain.


2.Gunakan Akal  Sehat atau Berpikir Rasional

Pada umumnya ketika kita tidak sering menggunakan akal sehat kita menganalisis sesuatu, biasanya ketika kita kaget dan kawatir dengan apa yang kita lihat, adanya ketakutan dulu yang muncul di diri kita.

Jadi ada baiknya, kembangkan pola pikir akal sehat kita, karena sangat berguna ketika kita sendirian dan mengalami sesuatu yang aneh, kita dapat menganalisis sendiri tampa kita langsung kabur dari benda aneh tersebut.

Kita contohkan misalnya ketika melihat ular di sungai, tampa sengaja ketika melangkah kita melihat ada kepala binatang di tepi sungai seperti kepala ular, tapi sebenarnya yang membentuk pertama kali kita menduga adalah kebiasaan kita atau ilmu pengetahuan kita terhadap binatang tersebut, jika kita tidak pernah melihat photo, video atau lihat langsung binatang yang namanya ular, kita bisa pastikan, dugaan pertama kita kepala itu bukan kepala ular, tergantung yang ada dipikiran kita sebelumnya.

Jadi kalau memang kita pernah tahu ular, cepatlah pelajari sebelumnya apa itu ular, dari bentuknya, kehidupannya, makannya dan semuanya tentang ular, kita dapat pastikan ular banyak kelemahannya, dan ketika benar itu ular yang kita lihat, kita pun tidak akan takut.

Karena ular banyak jenisnya, dari yang berbisa dan tidak, dan pola menyerangnya pun berbeda, ada yang karena lapar ada yang karena kawatir keinjak ular itu menyerang.

Alangkah baiknya carilah informasi dan pahami benar apapun yang kita perkirakan sebelumnya, karena ketika terjadi kepada kita, kita bisa tenang menghadapinya, karena belum tentu yang kita lihat di tepi sungai itu ular, bisa saja kepal ikan gabus, kura-kura atau belut.

Jadi sahabat pembaca binatang atau makhluk apa yang anda kawatirkan, cepatlah cari informasi sebanyak mungkin sebelum ketemu benda atau mahkluk itu, hingga ketika kita ketemu, kita tidak menduga-duga ,atau kabur dari benda tersebut.

Dengan secepatnya akal sehat kita akan berfungsi untuk menganalisis benda apa yang samar-samar tersebut, baik ditengah hutan, di kegelapan atau di dalam air laut sekalipun.

SEMAKIN BANYAK INFORMASI YANG KITA DAPATKAN SEMAKIN KECIL KEMUNGKINAN KITA MENDUGA-DUGA, KEMBANGKANLAH AKAL SEHAT KITA DENGAN BANYAK MEMBACA INFORMASI TENTANG APA YANG KITA KHAWATIRKAN.



3.    Gunakan Logika

Logika adalah logis atau sesuai akal pikiran sehat kita dengan membandingkan kejadian yang pernah terjadi pada diri kita atau orang lain.

Tidak jauh berbeda dengan akal sehat, hanya disini saya coba menegaskan ketika kita mengalami sesuatu yang aneh, cepatlah membandingkan dengan infromasi akal sehat kita yang pernah kita dapati, gunakan logika kita.

Apa mungkin ditepi sungai tersebut ada kepala ular, logikanya mungkin saja, karena ular juga ada yang hidup di air, jadi secepat itu juga kita waspada, dan bila kita tahu ular yang hidup di air berbahaya, terutama gigitan bisanya, tentu secepat itu juga kita coba menghindar terlebih dahulu dari kepal ular tersebut.

Tapi bukan berarti kita kabur, karena dengan logika kita, kita dapat menganalisis sejauh mana jangkauan ular menyerang, apakah bisa lompat, atau kah bisa terbang, jaga jarak kepada kepala tersebut, dan amati, pastikan apakah benar ular atau tidak, bisa saja kepala penyu atau kura-kura, bahkan kepala ikan.

Jadi dengan logika kita,kita bisa lebih tenang menghadapi hal-hal yang aneh, karena belum tentu yang aneh tersebut merugikan kita, bahkan bisa sebalinya, kalau kepala itu ikan gimana, kan lebih enak kita bawa jaring lalu menangkapnya, bisa buat makan deh.

Jadi latihlah LOGIKA kita dengan banyak membaca informasi yang benar-benar ilmiah agar kita tidak mudah di permainkan dengan pikiran kita sendiri, bahkan tidak mudah seseorang yang mencoba mengahasut kita dengan pola pikir yang tidak baik bagi diri kita dan orang lain.


4.    Gunakan Pengetahuan Ilmiah

Jika anda pernah sekolah, sudah dapat dipastikan banyak ilmu ilmiah, ilmu tentang alam yang kita terima, bahkan ilmu agama pun kita dapati.

Cobalah pelajari sebaik mungkin, anda kenal POCONG DAN VAMPIRE, saya akan coba mencontohkan akal sehat, logika dan ilmu ilmiah bergabung untuk menganalisis isu pocong dan vampire tersebut.

Indonesia adalah negara dengan penduduk beragama islam terbesar didunia, apa yang kita lakukan ketika seseorang meninggal dunia, tentu kita kuburkan dan balut dengan kain kafan seluruh tubuh almarhum.
Nah…pembalut kain ini selengkapnya berbentu manusia dan di ikat kain yang diatas kepalanya, lalu inilah hayalan manusia, karena ketakutan yang sangat jika ada mayat yang dapat hidup kembali maka disebut POCONG.

Ilmu ilmiahnya apakah ada mayat atau orang yang sudah mati dan nyawa sudah tidak ada di tubuhnya bisa hidup kembali, jika bisa bergerak tentu ada yang menggerakkannya secara akal sehat, secara logika kenapa selalu ada hantu pocong di indonesia, kenapa hantu pocong tidak ada di inggris atau amerika, salah satu penyebabnya, karena di negara tersebut, orang yang sudah almarhum di buatkan peti lalu dikuburkan.

Dan karena ketakutan dan hayalan penduduk setempat itu pula, bagaiamana kalau mayat itu hidup, karena pakaian waktu dikubur lengkap, seperti vampire, maka mereka juga berpikiran ada vampire, logikanya kenapa tidak ada vamipire di indonesia atau negara-negar muslim, kenapa tidak ada pocong di amerika atau di inggris.

Salah satu penyebabnya yaitu tadi, karena kekawatiran yang berlebihan, menyebabkan seseorang berhayal dan menciptakan mahkluk yang pernah dilihat sebelumnya, baik pocong, kuntil anak, gendorowo sekalipun.

Jadi sahabat pembaca, perbanyak lah ilmu ilmiah atau alam kita,  karena kita hidup di alam yang damai, yang kita tahu kalau kita tidak berbuat salah tentu hidup kita akan damai selalu, walau ada yang coba mencelakakan kita, kita sudah dapat mengantispasi dengan ilmu ilmiah, logika dan akal sehat kita.

Sehingga ketika kita melihat sesuatu yang aneh dapat kita bandingkan dengan pengetahuan yang kita dapati, benda atau makhluk apa yang sedang kita lihat.


5.    Pastikan Apa Yang Dilihat

Dengan ketenangan, berpikir rasional dan logika serta dengan ilmu ilmia kita, kita bisa menganalisis sebenarnya apa yang barusan kita lihat tadi.

Kepala ular, kepala ikan atau kepala yang lain, jadi baiknya jangan kabur dari apa yang kita lihat, tapi pastikan apa yang kita lihat tersebut dengan pengetahuan kita yang ada.

Andaipun kita tidak kenal dengan benda atau makhluk tersebut kita bisa tanyakan kepada teman-teman dan orang yang lebih ahli kepada kita. Sehingga ketika ada kejadian yang aneh terjadi pada kita, kita dapat menceritkan keorang lain dengan benar, karena kita sudah memastikan apa yang kita lihat dengan mata kepala kita sendiri.

JANGAN KABUR DAN JANGAN MENGHINDAR TERLALU JAUH TERHADAP APAPUN YANG ANDA HADAPI, YANG ANDA KHAWATIRKAN, KARENA SEMAKIN ANDA TIDAK MEMASTIKAN APA YANG KHWATIRKAN ITU APA, SAMPAI NYAWA ANDA MENINGGALKAN TUBUH ANDAPUN, ANDA TETAP KHAWATIR, HINGGA ANDA AKAN MENCERITAKAN KE ORANG LAIN SESUATU YANG SALAH, YANG SEBENARNYA BUKAN ITU YANG ANDA ALAMI.


6.    Cari informasi Sebanyak Mungkin

Semakin banyak informasi yang kita dapatkan, dan kita bagikan ke orang lain, semakin bertambah ilmu kita, sehingga pengetahuan yang kita dapatkan berkembang.

Ketika kita khwatir dengan hantu, setan, pocong atau binatang apapun, cari informasi sebanyak mungkin, hormati informasi tersebut, baik itu menurut kita salah atau tidak.

Yang terpenting dengan kita diberikan informasi tentang sesuatu hal yang mengkhwatirkan kita, memancing pikiran kita untuk banyak lebih tahu tentang sesuatu yang kita khawatirkan.

Informasi bisa kita dapatkan dari orang tua, teman, adik-adik kita, atau berita internet, televisi, koran dan masih banyak media lainnya. Jadi jangan segan-segan mencari informasi tersebut, dan tidak perlu di berikan cemoohan terhadap yang memberikan informasi.

Tapi pastikan saja informasi itu berguna atau tidak pada diri kita.

Baiklah sahabat pembaca cukup tulisan saya kali ini, semoga bermanfaat.


 4. Cara Bersabar Ketika Tertekan Masalah
 5. Cara Menganalisa Ancaman Dan Teror SMS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please type in your comments, If you do not use email, please select Anonymous, thank you

10 Top Articles