Translate To Your Language

Sabtu, 25 Mei 2013

Cara Merawat Laptop

Cara Merawat Laptop

1. Hindari Air
2. Hindari Konsleting Listik
3. Panas Laptop Yang berlebihan
4. Ikuti Kemampuan Batery Laptop
5. Bersihkan Keyboard
6. Hindari Merokok dan Makan Ketika Mengetik
7. Hindari Benda Kecil di Tas Laptop
8. Hindari Benturan
9. Perhatikan Sirkulasi Udara Laptop

Cara Merawat Laptop
Cara Merawat Laptop

Mungkin anda sudah mendapatkan informasi cara merawat laptop dari sumber lain, di artikel ini saya mencoba berbagi info dari pengalaman pribadi, semoga bermanfaat.

 
Cara merawat laptop itu antara lain :

1. Hindari Air
Musuh utama rusaknya barang elektronik seperti laptop, handphone, televisi dan lain-lain adalah Air, Air dapat menyebabkan hubungan arus pendek atau konsleting terhadap hard ware elektronik.

Ketika membawa laptop dalam satu tas, jangan pernah satukan dengan botol air minum, walau kita tutup rapat tutupnya atau ditambah pelindung plastik sangat berbahaya bagi kenyaman laptop kita.

Yang dikhawatirkan adalah ketika kita lupa menutup rapat botol minuman tersebut, mengapa tas laptop dirancang hanya untuk laptop dan cashannya karena untuk menghindari kita membawa barang lain didalam laptop tersebut.

Mungkin kita sering membawa laptop menggunakan tas ransel biasa para pria yang menggunakan motor ketika ke kantor atau tempat pekerjaan, karena tidak mau repot bawa 2 tas, akhirnya laptop disatukan dengan di ransel tersebut bersama botol minuman atau barang-barang kecil lainnya seperti puplen, pensil dan lain-lainya.

Lebih baik mencegah dari pada mengobati, kalau sudah terkena air, bersiap-siaplah ke tempat service center atau service laptop lainnya, tentunya sedikit banyak nya kita mengeluarakn uang dari dompet kita, untuk biaya perbaikan laptop tersebut.


2. Hindari Konsleting Listik

Adanya adaptor sebelum ke tegangan listrik adalah menyalurkan arus listrik yang sesuai dengan kebutuhan laptop kita.

Apa yang terjadi ketika kita sedang mengecash laptop tiba-tiba terjadi konseleting listrik baik disebabkan petir atau sebab lainnya, kalau tegangan arus yang masuk ke adaptor masih bisa di handle adaptor, kita tidak perlu khawatir, mungkin hanya adaptor yang terbakar atau konslet.

Tapi jika melebih kapasitas daya tampung adaptor bisa dimungkinkan diteruskan ke laptop kita yang akan menyebabkan konslet di mother board laptop atau hardware lain di dalam laptop.

Jadi ada baiknya berhati-hatilah ketika mengecash laptop jika tegangan listrik ditempat kita cash naik turun tegangannya, terlebih lagi kalau listrik tersebut menggunakan Genset, pembangkit listrik menggunakan solar, yang biasanya langsung disambungkan kabel ke genset tersebut.

Tidak menutup kemungkinan tegangan di kabel tersebut tidak stabil. Paling aman ketika mengecash lebih baik steker atau colokkan listrik adaptor di masukkan dulu ke stabilizer atau travo, cari travo yang punya jarum sebagai petunjuk tegangan untuk menyetel arus yang masuk.

Karena jika terjadi konslet, setidaknya hanya travo yang terkena terlebih dulu, dan itu besar kemungikinan hanya putus fuse travonya, yang dapat kita ganti fuse tersebut, dan harga fuse itu jauh lebih murah daripada mengganti adaptor laptop kita.


3. Panas Laptop Yang berlebihan

Menggunakan laptop hampir 24 jam nonstop sangat tidak dianjurkan, terlebih lagi setelah dipakai 11 jam di istirahkan 1 jam lalu dihidupkan lagi sampai 11 jam, dapat dipastikan suatu saat hardware laptop akan melemah.

Karena dikantor kita menggunakan laptop, kita hidupkan laptop tersebut, ketika pulang dimatikan sampai kerumah, sampai rumah dihidupkan kembali sampai pagi menjelang ingin bekerja, karena malamnya anda ingin ditemani musik dari laptop ketika tidur.

Dapat dipastikan procesor atau mothe board akan melemah, hingga akan menyebabkan laptop mati total. Jadi ada baiknya gunakan laptop dengan mengikuti standard baterenya, jika habis batere dicash kembali sampai posisi 100 persen full baterenya.

Lebih baik ketika cash dalam keadaan mati, atau laptop tidak difungsikan, atau difungsikan setelah 100 persen batere laptop, kita matikan laptop, shutdown laptop kita, berikan istirahat 1 jam atau lebih.

Intinya semua barang elektronik jika dipakai nonstop hidup terus akan menyebabkan lemahnya hardware elektronik tersebut, sama seperti kita, seharian bekerja kita perlu istirahat, tidak disarankan lembur, karena lembur tidak akan efektif untuk pekerjaan berikutnya, badan akan melemah.


4. Ikuti Kemampuan Batery Laptop

Jika ingin awet batere laptop kita, ikuti aturan penggunaanya, mudah caranya gunakan laptop disaat batere full, lalu cash sampai 100 persen batere laptop kita, setelah itu matikan.

Batere jika selalu dicash akan membuat umur batere berkurang, karena penambahan daya yang diberikan adaptor ada masa waktunya karbon batere laptop anda, jadi semakin anda jarang menchas laptop, semakin awet batere laptop anda.

Ada caranya ketika batere habis, dichas dan anda gunakan laptop sebagaimana mestinya, setelah 100 persen batere tersebut, lepas batere laptop, lalu hidupkan laptop dengan menggunakan adaptor saja jika anda niat memakai berjam-jam lapto anda.

Tentunya rubah settingan laptop anda dari batere ke adaptor, baca panduan setiap laptop, setelah anda memakai berjam-jam menggunakan adaptor, barulah anda pasang kembali batere laptop dan gunakan sebagaimana mestinya sampai batere abis.

Intinya banyak gunakan arus langsung adaptor ketika anda bekerja menggunakan laptop berjam-jam, tapi kalau hanya sebentar gunakan batere laptop.


5. Bersihkan Keyboard


Laptop ketika digunakan bisa saja keyboard kemasukan benda kecil, atau debu penuh di kipas laptop kita, gunakan kuas yang bukan berbulu, karena kalau berbulu kuas tersebut, dikawatrikan bulu kuas akan nyangkut di keyboard.

Belilah kuas yang plastik bulunya, bersihkan secara rutin keyboard , lubang kipas atau speaker, agar sirkulasi udara laptop selalu lancar.

Laptop yang banyak debunya di kipas akan menggangu fungsi kipas, karena putaran kipas akan sedikit lebih lambat, begitupun debu dalam keyboard, jika terlalu banyak akan menghambat sirkulasi udara laptop kita.


6. Hindari Merokok dan Makan Ketika Mengetik

Mungkin tidak kita sadari ketika kita makan cemilan atau merokok, abu rokok atau serpihan cemilan masuk ke keyboard disaat kita mengetik sambil makan atau merokok.

Jika kebiasaan kita merokok, ada baiknya hindarkan rokok anda di jari tangan ketika mengetik, karena bisa saja abu rokok masih panas jatuh ke dalam keyboard, yang akan menyebabkan konslet pada keyboard kita.

Jika hanya keyboard mungkin tidak masalah tapi jika masuk ke mothe board dari keyboard, bisa lebih besar masalah kerusakan laptop kita.

Jadi baiknya hindarkan ketika mengetik kita melakukan aktivitas merokok atau memakan apapun, kalau keyboard desk komputer tidak masalah, karena keyboardnya tidak langsung ke mothe board, karena mother board nya ada di CPU.

Tapi kalau laptop, dibawah keyboardnya sudah banyak hardware halus, jika hardware itu terganggun, sudah dapat dipastikan kesehatan laptop kita terganggu.


7. Hindari Benda Kecil di Tas Laptop

 
Seperti yang dijelaskan di point 1, hindari membawa benda kecil dalam satu tas laptop seperti obeng, pulpen, pensil atau apapun.

Dikhawatirkan ketika kita lengah atau tidak sadar, pensil ada di dalam laptop sehingga ketika laptop ditutup bisa menyebabkan lcd layar laptop ketekan, tentunya bisa fatal akibatnya, layar lcd rusak, saya yakin kita paham mengapa tas laptop dibuat tersendiri.

Begitupun ketika bekerja degan laptop jauhkan benda-benda seperti streples di khawatrikan isi streples masuk ke keyboard, lebih baik mencegah daripada kita tidak sadar akan membuat kecerobohan dan akhirnya laptop kita di service.

Kalau hanya service mungkin kita tenang, tapi kalau sudah mati total, dapat dipastikan kita harus beli laptop baru jika ingin masih menggunakan laptop.


8.Hindari Benturan

 
Tas laptop dibuat bukan untuk menahan benturan, jadi berhati-hati ketika membawa laptop dengan mengendarai motor atau mobil.

Bisa saja ketika kita mengendarai motor tampa disadari laptop kita terbentur dengan benda lain, atau disaat ditaruh di mobil, tampa kita sadari ke tintindih benda lain.

Jadi ada baiknya selalu pisahkan tas laptop kita, agar kita selalu ingat bahwa didalam tas tersebut ada laptop kita. Begitupun ketika kita menggunakan laptop, waspada terhadap buku yang sedang dibaca atau sedang menelpon kalau jatuh diatas keyboardnya.

Masih tidak masalah, tapi kalu jatuh tepat di lcd layar monitor karena benturan, dapat dipastikan lcd layar monitor kita rusak.


9. Perhatikan Sirkulasi Udara Laptop

 
Jangan gunakan laptop ditaruh ditempat yang akan menutup sirkulasi udara laptop kita, seperti di kasur, mebel atau karpet, karena biasanya laptop tersebut akan masuk kedalam kasur tersebut.

Hingga terpendam tempat sirkulasi udah laptop kita, jadi ada baiknya gunakan meja atau anda memakai cooler dibawah laptop kita, agar sirkulasi udara semakin lancar.

Baiklah sahabat pembaca cukup tulisan saya malam ini, semua berdasarkan pengalaman pribadi, artikel ini ditulis dengan laptop ke 4 saya yang telah saya gunakan, rata-rata 3 sampai 4 tahun saya gunakan 1 laptop, terakhirnya mati total, dan lain-lain.

Dari pengalaman tersebut saya mencoba berbagi ilmu kepada pembaca.

Jika pembaca ingin membaca artikel lain tentang komputer silahkan klick artikel dibawah ini:


1. Cara Menghindari Virus Komputer
2. Cara Menginstall Software Komputer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please type in your comments, If you do not use email, please select Anonymous, thank you

10 Top Articles