Translate To Your Language

Kamis, 23 Mei 2013

Cara Bersabar Ketika Tertekan Masalah

Cara Bersabar Ketika Tertekan Masalah

1. Pastikan apa yang kita sabarkan ada hasilnya
2. Hindarkan Sejauh Mungkin Yang Menyebabkan Timbul Ketidaksabaran Kita
3. Berusaha memantapkan Usaha Selanjutnya

Cara Bersabar Ketika Tertekan Masalah

Cara Bersabar Ketika Tertekan Masalah

1. Pastikan apa yang kita sabarkan ada hasilnya

“Berbicara itu mudah”, mungkin ada kalimat tersebut yang akan keluar dari mulut kita, ketika kita sedang mendapatkan nasehat.

Memang benar...”Berbicara itu Mudah”, seperti ketika saya menulis ini mungkin, tapi bukan berarti saya menulis ini tidak mengerti kalimat tersebut, karena saya mencoba memahami perkataan tersebut, saya mencoba menulis.

Mengapa berbicara itu mudah ketika kita dalam tekanan, salah satu penyebabnya karena kita tidak mengetahui tujuan kita bersabar, bisa saja kita dalam keadaan sulit lupa dengan tujuan  awal kita sewaktu ingin mendapatan yang kita inginkan.

Dapat dipastikan kesabaran kita akan hilang, karena kesabaran biasanya ditujukan untuk meraih sesuatu yang kita inginkan. Sebaiknya sebelum kita melaksanakan rencana kita lebih baik rencana itu ditulis diatas kertas yang dapat kita lihat ketika kita kehilangan tujuan, agar kesabaran kita bisa kita rasakan.

Karena saya seorang “kuli bangunan” yang terbiasa memimpin pelaksanaan proyek, kami terbiasa sebelum melaksanakan pembangunan membuat terlebih dahulu Rencana Anggaran Biaya, lalu dilanjutkan dengan Rencana Anggaran Pelaksanaan, lalu kami membuat Time Schedule.

Mengapa kami lakukan seperti ini, agar kami ingat selalu tujuan pelaksanaan proyek kami, jadi ketika ada kendala atau permasalahan ketika melaksanakan pembangunan, kami akan melihat kembali Time Schedule tersebut, apakah kami dapat mencapai target yang kami inginkan, atau kami terlambat.

Dengan melakukan rencana tertulis ini kami akan terus mengontrok pelaksanaan walau banyak tekanan yang mungkin menghampiri kami, tapi karena tujuan kami jelas, kesabaran itu akan muncul dengan sendirinya.

Jadi sahabat pembaca, buatlah rencana anda dengan jelas untuk mencapai target anda, ketika anda mengalami tekanan dari berbagai pihak, anda akan tetap dalam jalur pelaksanaan rencana anda tentunya kesabaran yang membuat anda bertahan.

Intinya PASTIKAN TUJUAN ANDA BERSABAR, maka tekanan tersebut akan dapat anda hadapi dengan sendirinya, karena sebenarnya counter attack itu lebih efektif menghadapi penyerangan yang beruntung, bersabar, dan teratur terus dalam jalur rencana anda.


2. Hindarkan Sejauh Mungkin Yang Menyebabkan Timbul Ketidaksabaran Kita

Seseorang yang berada dalam posisi tekanan yang begitu kuat akan membuat tindakan diluar dugaan rencana awal kalau kesabaran tidak ada padanya.

Biasanya yang akan membuat diri semakin tidak sabar adalah pihak yang tidak menginginkan kita mencapai apa yang kita inginkan atau seseorang yang menginginkan kita mencapai apa yang kita inginkan, tapi orang tersebut tidak mengerti posisi kita.

Pihak-pihak seperti ini yang wajib anda hindari sementara waktu ketika anda sedang dalam tekanan, karena mereka akan mengacaukan rencana anda secara sadar atau tidak sadar. Anda menghindar dari mereka bukan untuk selamanya, tapi lakukan disaat itu saja.

Konsentrasi anda akan terpecah jika anda menanggapi mereka, hingga ketidak sabaran akan muncul di diri anda, karena tekanan terus saja menekan anda, bahkan akan semakin banyak, karena anda tidak bisa menyelesaikan apa yang harus anda selesaikan.

Sangat sulit menghindari orang yang akan menggangu konsentarasi anda, karena akan banyak salah paham yang terjadi antara anda dengan mereka yang tidak memahami posisi anda atau orang tersebut paham tapi tetap saja tidak mengerti.

Cobalah cari ruangan atau tempat yang dapat membuat anda menghindar dari mereka sementara waktu, setelah konsentrasi dan ketenangan anda kembali, barulah hadapi mereka kembali, tentunya dengan cara yang anda telah rencanakan, jangan menghadapi ketika anda tidak punya rencana cara menghadapi mereka, adanya hanya akan memperkeruh suasana dan menambah ketidaksabaran anda.

Jangan pergi dari permasalahan yang ada, karena jika anda pergi atau menghindar, suatu saat anda mengalami atau menghadapi kembali akan menambah ketidak sabaran anda menghadapinya, tapi kembali secepatnya dengan cara-cara yang anda telah rencanakan.

Ingat dalam mencapai target apapun, rencana hanyalah sebuah gambaran sementara, faktanya adalah ketika kita melaksanakan rencana tersebut, jadi pikirkan target anda terlebih dahulu agar kemauan dan kesabaran anda semakin kuat.

Sahabat pembaca berbicara itu mudah seperti ketika saya menulis artikel ini, tapi saya tidak akan bisa menulis kalau tidak saya pernah mengalaminya, jadi bangkitkan ide anda dengan tulisan ini.

Cara penyelesaian boleh berbeda-beda tapi tetap tujuannya mencapai target, dan kata yang sama muncul yaitu kesabaran ketika menghadapi tekanan.


3. Berusaha memantapkan Usaha Selanjutnya

Ketika anda menghadapi tekanan, kuatkan rencana anda untuk mencapai apa yang anda inginkan dengan memantapkan langkah pelaksanaan yang benar.

Semakin kita menguasai dan mengetahui bagaimana mengatasi permasalahan yang kita hadapi semakin mantap langkah kita menggapai apa yang kita inginkan sehingga tanpa kita sadari dengan sendiri kita telah bersabar.

Ketika kita mengalami tekanan berbagai pihak yang mungkin membuat ketenangan kita menghadapi situasi itu terganggu, hindari situasi tersebut untuk sementara waktu, disaat kita menghindar susun strategi baru untuk mencapai target itu kembali.

Rencana boleh berubah, pelaksanaan boleh berubah karena situasi tapi tujuan dan target tetap sama. Agar tidak berantakan semua rencana kita, carilah tempat dan waktu untuk menyusun kembali dan mantapkan tujuan kita menggapai target yang diinginkan.

Jangan terlalu lama menghindari situasi tersebut, karena akan membuat bertambah tekanan yang akan kita terima, keputusan sedikit akan berpengaruh terhadap ketenangan kita menghadapi situasi penuh tekanan tersebut.

Intinya jangan pernah takut dengan tekanan apapun karen hidup ini memang selalu ada masalah, jika ingin tenang dan tidak ada masalah mudah saja cukup tinggalkan dunia ini, alias MATI.

Semakin banyak tekanan dan masalah yang anda hadapi semakin peduli dunia dan orang lain pada anda, karena permasalahan itu datang kepada kita karena kita bisa menyelesaikannya terkecuali anda tidak mau menyelesaikannya.

Perhatikan saja orang yang masih berusaha dan belum berhenti dalam usahanya menyelesaikan masalah, belum bisa dikatakan orang tersebut TIDAK BISA, tapi akan dikatakan BELUM BISA, jadi cepatlah bangkit dan berdiri lihatah KEMAUAN ANDA UNTUK MENYELESAIKAN MASALAH ITU, ANDA SUNGGUH-SUNGGUH MAU MENYELESAIKAN ATAU HANYA UNTUK DIJADIKAN TAMBAHAN HIDUP ANDA.

Dengan anda mencoba terus dan berusaha memantapkan keinginan anda menyelesaikan masalah yang menekan anda, secara langsung dan mungkin anda tidak sadari, anda telah BERSABAR, jadi fokus kepada penyelesaian masalah, jangan fokus kepada pembuat masalah.

Pembuat masalah hanya bisa membuat diri anda berada pada posisi tertekan, terlebih lagi bila anda tidak berhenti memikirkan dia atau membicarakan pembuat masalah tersebut kepada orang lain, tidak akan berhenti permasalahan anda, adanya akan bertambah dengan masalah baru.

Jadi tetaplah fokus kepada penyelesaian, cara anda menghadapi masalah yang diutamakan disini bukan cara anda membicarakan masalah yang diperlukan.

Tekanan yang anda dapatkan jika anda bisa lalui akan membuat diri anda lebih naik dari sebelumnya, karena pengalaman dan cara anda menghadapi masalah memunculkan kesabaran tampa anda sadari.

Baiklah sahabat pembaca cukup tulisan saya tentang “Cara Bersabar Dalam Tekanan Masalah” ini, semoga bermanfaat. Jika ingin membaca tulisan MOTIVASI DAN PETUNJUK lainnya silahkan klick artikel dibawah ini :



 4. Cara Bersabar Ketika Tertekan Masalah
 5. Cara Menganalisa Ancaman Dan Teror SMS


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please type in your comments, If you do not use email, please select Anonymous, thank you

10 Top Articles