Translate To Your Language

Senin, 13 Mei 2013

Pekerjaan Sambil Kuliah Mahasiswa Teknik Sipil

Pekerjaan Sambil Kuliah Mahasiswa Teknik Sipil

1.Bekerja Dengan Dosen
2.Perusahaan  Yang MembutuhkanTenaga Kerja Freelance
3.Developer Perumahan
4.Perusahaan Rekanan Proyek Pemerintah
5.Usaha Desain Online
6.Pemborong  Upah Tenaga
7.Desain Interior


Pekerjaan Sambil Kuliah Mahasiswa Teknik Sipil

Pekerjaan Sambil Kuliah Mahasiswa Teknik Sipil
Setelah anda membaca artikel dengan judul “Modal Dasar BeKerja Sambil Kuliah Untuk Mahasiswa Teknik Sipil”, semoga pembaca dapat ide untuk menyampaikan kepada mahasiswa teknik sipil khususnya.


Untuk artikel ini saya mencoba berbagi pengetahuan dengan modal dasar yang telah dimiliki mahasiswa teknik sipil dapat bekerja sambil kuliah, pekerjaan tersebut antara lain adalah :


1. Bekerja Dengan Dosen
Jangan berpatokkan kepada prestasi akademik anda bagus atau tidak, tapi tunjukkan kemauan anda untuk bekerja membiayai kuliah anda sendiri. Niat baik tersebut biasanya akan ditanggapi baik dengan dosen bersangkutan.

Andai beliau tidak bisa memberikan pekerjaan kepada anda, minimal informasi kepada pihak lain dapat diberikan oleh beliau, dosen akan bangga ketika mahasiswa yang di ajarkannya dapat bekerja dengan baik pula, tentunya dengan menjaga nama beliau.

Dosen yang punya jam terbang tinggi mengajar, biasanya membutuhkan asisten untuk membantu beliau mengajar, jika anda mempunyai kemampuan tersebut, tentunya beliau akan memberikan pekerjaan yang sesuai dengan kemamampuan anda.

Andaipun tidak bisa kerja dengan beliau, coba anda cari relasi dosen yang mempunyai proyek sendiri, biasanya beliau bergerak dibidang konsultan, jika memang beliau bergerak dibidang konsultan, pekerjaan menggambar, menghitung atau menyiapkan berkas-berkas untuk tender sangat diperlukan beliau.

Bekerja dengan niat untuk membiayai kuliah kita, jangan untuk memperkaya diri anda, misalnya sudah dapat rejeki selalu ganti-ganti handphone, tapi baiknya belilah alat penunjang pekerjaan anda tersebut.

Seperti laptop, camera atau kendaraan motor dan lain-lainya, sehingga anda dapat bergerak lebih luas lagi mencari informasi pekerjaan free lance dari dosen satu ke dosen yang lain.


2. Perusahaan  Yang Membutuhkan Tenaga Kerja Freelance
Saya tidak bisa menyebutkan nama perusahaan apa saja yang membutuhkan tenaga kerja free lance, tapi saya dapat memberikan gambaran kepada anda perusahaan seperti apa saja yang membutuhkan tenaga free lance.

Perusahan tersebut antara lain adalah perusahaan yang baru berkembang, biasanya perusahaan yang buat dan sedang mendapatkan pekerjaan pembangunan proyek belum bisa membayar tenaga ahli profesional, bukan karena dana mereka belum bisa membayarnya tapi karena keraguan mereka apakah proyek yang mereka kerjakan sekarang sudah membutuhkan tenaga ahli atau tidak.

Dapat kami contohkan seperti perusahaan yang bergerak didalam usaha rekanan pemerintah, khususnya dengan nilai kontrak dibawah 100 juta, biasanya mereka memborong renovasi perkantoran atau membuat ruang baru di kantor pemerintah belum membutuhkan tenaga ahli.

Tetapi mereka membutuhkan orang yang bisa menghitung harga borongan dapat untung atau tidak, disinilah peranan mahasiswa tersebut dapat peluang pekerjaan free lance, dengan hanya menghitung misalanya pekerjaan partisi dinding, pemasangan keramik atau plafond, mahasiswa sudah mendapatkan pekerjaan free lancenya.

Perusahaan lain adalah perusahaan developer yang hanya membangun di luas area 1 hektar dengan jumlah rumahnya kurang dari 150 rumah. Biasanya mereka membuat rumah tiype sederhana, mahasiswa dapat mencoba menghubungi owner developer tersebut untuk bekerja sebagai tenaga administrasi atau drafter.

Pada artikel selanjutnya saya akan membahas perusahaan yang membutuhkan tenaga free lance ini, baik perorangan atau sudah perseroan terbatas, karena perusahaan besarpun membutuhkan tenaga harian yang dibayar dengan jumlah jam kerjanya.


3. Developer Perumahan
Jika lingkungan kuliah anda tidak jauh dari perumahan yang sedang membangun, cobalah dekati staff atau owner developer tersebut, coba melamar sebagai tenaga kerja free lance, jika perumahan yang mereka bangun dengan area yang luas dan rumahnya lebih dari 150 rumah, kemungkinan besar mereka membutuhkan.

Karena tenaga kerja gambar atau drafter sangat dibutuhkan mereka untuk mengimplemantikan kemauan pembeli rumah. Biasanya pembeli hanya membeli bangun rumahnya saja, tidak dengan interiornya, jika anda beruntung bisa mendekati pemilik rumah tersebut, anda bisa ikut mendesain ruang tamu, dapur, kamar tidur.
Bahkan jika pemilik rumah ingin mengembangkan rumahnya, dari satu lantai menjadi  2 lantai, anda bisa mengajukan tenaga gambar dan hitungan RABnya kepada beliau, karena owner biasanya lebih senang dilayani, dengan anda dibayar setiap anda datang dan beliau berkonsultasi, saya rasa cukup membantu mencari dana kuliah anda.

Tentunya tidak dengan satu owner atau 1 developer, bersikap gesit mencari peluang tersebut, terus cari informasi, ingat NAMA ADALAH NO 1 DALAM DUNIA KONTRAKTOR, sekali kita mengecewakan konsumen, bisa menyebar kekonsumen lain.


4. Perusahaan Rekanan Proyek Pemerintah
Perusahaan seperti ini mudah anda cari, cukup datang ke semua kantor pemerintahan baik kantor walikota, departemen agama, departemen pendidikan atau yang lainnya, perhatikan ketika ada ruangan yang diperbaiki.

Atau perhatikan ada pekerjaan perbaikan pagar atau lainnya, temui tukangnya disana, berdialog dengan mereka dan cari infromasi siapa dan perusahaan apa yang mengerjakan pekerjaan tersebut.

Dapatkan nomor handphone atau telpon kantor perusahaan tersebut, dan sampaikan niat anda, biasanya merka yang bergerak dibidang ini baru mengerjakan proyek dibawah 100 juta dan rata-rata ownernya turun langsung mengawasi pekerjaan tukang-tukang mereka.

Cobalah ajak dialog owner tersebut, biasanya mereka membutuhkan tenaga kerja pembuat dokumen proyek, gambar kerja, atau rencana anggaran biaya.


5. Usaha Desain Online
Jika anda bisa buat blog, coba buat blog yang berisikan jasa anda, dari gambar,atau tenaga free lancer, ungkapkan semua kemampuan dan niat anda.

Lalu sebarkan blog anda dengan mengirimkan email kepada perusahaan dan rekan-rekan pekerja diperusahaan, atau anda dapat menyebarkan dengan media google+, facebook atau twitter.

Buatlah biodata dan iklan kemampuan anda sebaik mungkin usahakan anda mudah dihubungi dengan konsumen online. Jangan buat blog untuk bergaya-gayan dengan banyak fitur diblog tersebut, animasi, video lainnya, tapi buatlah sederhana namun orang yang membaca yakin dengan diri anda.


6. Pemborong  Upah Tenaga
Usaha ini dapat dilakukan dengan siapapun hanya membutuhkan hubungan baik dengan tukang (man power) anda tinggal carikan proyek buat mereke bekerja.

Untuk lebih lengkapnya menjadi pemborong upah tenaga silahkan klick tulisan artikel ini “Cara Menjadi Pemborong Upah Tenaga Kerja Di Proyek Bangunan”, di artikel tersebut minimal anda dapat sedikit petunjuk.


7. Desain Interior
Jika anda sudah bisa menggambar dengan menggunakan Autocad 2 demensi dan 3 dimensi atau dengan archicad, anda bisa membukan usaha desain interior.

Dengan jasa gambar anda, anda dapat menghasilkan uang, usaha ini bisa juga dibuat secara online dengan blog anda, banyaklah membaca artikel tengtang cara mendesain kamar utama, ruang tamu, dan lain-lainya.

Dengan pengetahuan tersebut anda dapat mengembangkan kemampuan anda sekaligus mendapatkan uang, ingat dalam bisnis jasa, pelayanan dan hasil yang sangat diperlukan.

Owner biasanya lebih suka dilayani dan melihat hasil yang bagus sesuai keingginan beliau, jadi jangan ragu mengembangkan usaha jasa anda, walau anda tidak ada perusahaan sekalipun.

Baiklah pembaca, cukup sekian tulisan saya, semoga bermanfaat. Artikel yang berhubungan dengan artikel ini dapat anda baca di bawah ini :


1. Penyebab Proyek Tidak Tepat Waktu
2. Modal Dasar BeKerja Sambil Kuliah Untuk Mahasiswa Teknik Sipil

3. Pekerjaan Sambil Kuliah Mahasiswa Teknik Sipil

4. Penyebab Pemimpin Tidak Bisa Mengatur Bawahannya

5. Skill Dan Keahlian Teknik Sipil Untuk Bekerja
6. Metode Pelaksanaan Pembangunan Warehouse Atau Gudang Rangka Baja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please type in your comments, If you do not use email, please select Anonymous, thank you

10 Top Articles