Translate To Your Language

Senin, 13 Mei 2013

Modal Dasar BeKerja Sambil Kuliah Untuk Mahasiswa Teknik Sipil

Modal Dasar BeKerja Sambil Kuliah Untuk Mahasiswa Teknik Sipil

1.Kuasai Ilmu Gambar
2.Kuasai Menghitung Rencana Anggaran Biaya
3.Kuasai Microsoft Office


Modal Dasar BeKerja Sambil Kuliah Untuk Mahasiswa Teknik Sipil

Modal Dasar BeKerja Sambil Kuliah Untuk Mahasiswa Teknik Sipil
Tulisan artikel ini bermaksud memberikan ide dan menggerakkan pemikiran mahasiwa teknik sipil agar tidak putus semangat, ketika menyadari biaya kuliah tidak didukung lagi oleh orang tua, atau berniat bekerja sambil kuliah, modal tersebut antara lain :

1. Kuasai Ilmu Gambar
Bila kurikulum kuliah tidak berubah, mahasiswa teknik sipil akan belajar Gambar Konstruksi pada semester pertama, intinya pasti gambar konstruksi atau gambar teknik akan dipelajari mahasiwa teknik sipil.

Didalam mata kuliah ini diajarkan teknik dasar menggambar, dari mengenal cara membuat denah, potongan sampai gambar utuh suatu bangunan baik rumah atau gedung perkantoran. Untuk adik-adik yang masih kuliah, pahamilah teknik-teknik dasar ini, karena ini modal kita untuk bisa menggambar.

Pahami cara membuat garis miring, lingkaran atau bentuk lainnya, bila bisa dipraktekkan dengan Autocad, semakin baik lagi kemampuan gambarnya. Mengapa ilmu gambar ini penting, karena semua bangunan yang ada di dunia ini tidak akan bisa terwujud atau terlaksana tampa di gambar terlebih dahulu.

Baik gambar yang masih ada dipikiran untuk bangunan skala kecil dan gambar yang dipraktekkan pada lembar kerja dengan skala besar yang tidak bisa lagi hanya ada di pikiran kita, tetapi harus di tuangkan berupa gambar, agar yang melaksanakan pekerjaan bisa mengerti apa maksud bangunan yang kita inginkan.

Semakin kita memahami teknik gambar ini, semakin mudah kita mendapatkan pekerjaan free lance untuk mendukung biaya kuliah kita.Sahabat pembaca dengan kita menguasai Teknik Gambar kita bisa bekerja free lance atau usaha online.

Biasanya jika kita mempunya dosen yang punya proyek, kita bisa coba membantu beliau, atau coba beranikan diri datang kesuatu proyek yang sedang berjalan, baik sedang ada pembangunan mall, ruko, perumahan atau apartement.
Dengan kemampuan gambar yang anda miliki, jangan ragu untuk mendatangi proyek-proyek tersebut, bertamulah dengan etika dan sopan santun yang baik, agar mereka menyambut anda pun dengan baik pula.

Sepengalaman saya, proyek yang banyak membutuhkan tenaga frelance gambar adalah proyek perumahan atau developer perumahan dan Proyek Apartement, cobalah cari informasi dengan internet atau langsung telpon kebagian Human Resource Development mereka, yang paling gampang mendapatkannya adalah dengan mencari tahu supervisor atau pimpinan proyek tersebut.

Mengapa pada proyek yang saya sebutkan diatas banyak membutuhkan tenaga freelance, karena setiap rumah atau ruangan yang dibangun di perumahaan dan apartement tersebut akan mengikuti owner, atau pembeli rumah tersebut.

Jika mahasiswa teknik sipil punya hubungan baik dengan supervisor atau pimpinan proyek tersebut, tentu supervisor tersebut akan memberikan pekerjaan tersebut kepada free lance khususnya untuk pekerjaan tambah diluar dari kontarak pembangunan rumah tersebut.

Jika seorang supervisor dapat pekerjaan addional work dari owner, dan biasanya owner tidak mau memberikan pekerjaan tersebut kepada developer perumahan tempat mereka beli rumah, karena harganya akan lebih mahal, bahkan dihitung sama dengan harga membeli rumah yang sedang dibangunnya.

Pada intinya jangan remehkan tukang (man power) atau supervisor diperumahan atau diapartement ini, namun cobalah pendekatan dengan baik, job-job gambar tidak akan berasal hanya dari perumahan itu sendiri, tapi bisa jadi supervisor atau pemborong tenaga tersebut punya proyek pribadi.

Semoga adik-adik mahasiswa teknik sipil terbuka idenya dengan tulisan ini, JANGAN SAMPAI PUTUS KULIAH KARENA UANG UNTUK BIAYA KULIAH, TAPI KALAU PUTUS DENGAN PACAR KARENA UANG UNTUK PACARANNYA TIDAK ADA, SANGAT DIANJURKAN….hehehe….pada intinya JANGAN MENYERAH YAH….baca terus artikel diblog ini, informasi tentang TEKNIK SIPIL akan terus ditulis untuk menambah ide adik-adik agar lebih bersemangat.


2. Kuasai Menghitung Rencana Anggaran Biaya

Mungkin mahasiswa yang baru belajar di semester pertama atau kedua belum memahami cara menghitung Rencana Anggaran Biaya atau sering disebut RAB.

Tapi kami yakin dengan kemampuan menghitung mahasiswa teknik sipil dapat dengan cepat mempelajari hitungan tersebut, mungkin juga dikuliah tidak ada mata kuliah menghitung rencana anggaran biaya, tapi kami yakin jika anda sering surfing internet atau mengikuti tulisan artikel di blog ini, mudah-mudahan kalian cepat bisa.

Menghitung adalah ilmu dasar kedua setelah menggambar untuk mahasiswa teknik sipil karena setelah bisa membaca gambar, seorang civil engineer sebaiknya dapat menghitung jumlah material dari gambar tersebut.

Dasar menghitung RAB adalah dapat menghitung Volume Material dari gambar kerja yang akan dilaksanakan, yang kedua adalah mengetahui harga material tersebut yang dapat kita ketahui dari Harga Satuan di daerah masing-masing.

Setelah itu kita harus mengetahui Harga Upah Tenaga dari helper (kernet/pembantu tukang) sampai Tenaga Ahli seperti Tukang Batu, Tukang Kayu, Tukang Gali atau Tukang Las, tergantung item pekerjaan yang akan dilaksanakan.

Jika ingin mengetahui harga upah tenaga tersebut dapat diketahui dengan berbagai cara, pertama dengan membeli buku panduan harga upah tenaga dan material setiap daerah, biasanya ada di Toko Gramedia, atau Dinas Pekerjaan Umum Setempat.

Kita juga dapat mengetahui upah tenaga tersebut dengan menanyakan langsung kepada tukang-tukang sesuai tempat area kerja mereka, karena biasanya upah tenaga kerja setiap daerah berbeda-beda tergantung UMR (Upah Minimum Regional) setempat.

Setelah kita mengetahui Volume Material, Harga Material, Upah Tenaga masih ada yang perlu kita ketahui yaitu kecepatan Tenaga Kerja tersebut mengerjakan Item pekerjaan tersebut. Biasanya semua dihitung berdasarkan pengalaman atau panduan Analisis Waktu Kerja, yang dapat kita ketahui dengan cara yang sama seperti ketika kita ingin mengetahui Upah Tenaga Kerja.

Volume Material Tersebut nanti nya kita analisis dengan Harga Material, Upah Tenaga, dan Waktu Kerja. Untuk cara Menghitung RAB ini akan kami tuliskan di artikel berikutnya, pada artikel ini kami berusaha menyampaikan, modal dasar kemampuan mahasiswa teknik sipil untuk mencari uang dengan bekerja free lance.


3. Kuasai Microsoft Office
Microsoft Office sangat penting buat kita untuk menghitung dan membuat laporan, coba pelajari semua yang berkaitan dengan Microsoft Office ini, diantarnya yaitu Words, Excel, Power Point dan Microsoft Project.

Sementara kuasai dulu words, excel dan power point, karena ini berguna untuk pekerjaan yang bisa saja anda mendapatkan pekerjaan free lance mengetik dokument kontrak, atau menjadi asisten dosen atau pimpro yang suatu saat diminta untuk membuat Slide untuk presentasi.

Untuk microsoft project cukup anda ketahui,Ms project kita bisa saja menggunakannya, tapi jika pengalaman kita di proyek sangat kurang sudah dapat dipastikan kita akan kesulitan juga akhirnya, karena andaipun kita bisa untuk mahasiswa teknik sipil, Time Schedule yang kita buat hanya berupa hayalan.

Mengapa kami bilang hayalan, karena dengan jam terbang diproyek tidak ada sama sekali, berarti kita membuat time schedule tersebut berdasarkan perkiraan atau tiori diatas kertas putih atau buku panduan.

Karena sangat berbahaya ketika kita membuat suatu Time Schedule kita sendiri tidak tahu berapa lama kemampuan seorang tukang untuk mengerjakan pekerjaan yang ada di item time schedule tersebut, terkecuali kita hanya sebagai pembuat Time Schedule semua data berdasarkan orang yang berpengalaman.

Dengan menguasai Microsoft Office ini, anda dapat bekerja sebagai tenaga lepas diperusahaan percetakkan, atau di proyek yang sedang berjalan sebagai tenaga administrasi proyek, Anda mungkin bingung , saya kan masih kuliah kalau kerja menjadi administrasi proyek saya harus standbye di proyek tersebut.

Banyak cara yang dapat kita lakukan, dengan mengambil cuti misalnya, atau anda bekerja dalam 1 jabatan 2 orang, bergantian dengan teman anda, jika hanya untuk pekerjaan Administrasi atau Drafter, saya yakin jika Pimpinan Proyek tersebut berorientasi Hasil Pekerjaan tentunya beliau lebih baik memakai 2 orang untuk satu pekerjaan.

Karena akan lebih efektif, anda dan teman anda tinggal berbagi hasil tiap bulannya, atau tawarkan kepada pimpinan tersebut, dibayar perjam efektif kerja, langkah ini lebih baik, ingat dibayar perjam efektif kerja.

Jadi kita dibayar ketika kita sedang bekerja, jika kita kuliah karena tidak masuk kerja, kita tidak dibayar, carilah proyek-proyek yang sedang berjalan, baik diperumahan atau di apartement atau mungkin ada yang lain seperti proyek Power Plant dan lain-lainnya.

Baiklah sahabat cukup saya rasa tulisan saya untuk berbagi pengetahuan, semoga bermanfaat.

Untuk membaca Artikel Teknik Sipil yang lain silahkan klick artikel dibawah ini :

1. Penyebab Proyek Tidak Tepat Waktu
2. Modal Dasar BeKerja Sambil Kuliah Untuk Mahasiswa Teknik Sipil

3. Pekerjaan Sambil Kuliah Mahasiswa Teknik Sipil

4. Penyebab Pemimpin Tidak Bisa Mengatur Bawahannya

5. Skill Dan Keahlian Teknik Sipil Untuk Bekerja6. Metode Pelaksanaan Pembangunan Warehouse Atau Gudang Rangka Baja

3 komentar:

  1. Mantap.,,,informasinya sangat bermanfaat



    Untuk menambah tentang ilmu konstruksi bangunan,
    bisa baca2 artikel teknik sipil di sini

    ilmu konstruksi bangunan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf sebelumnya. Kenapa webnya tidak bisa terbaca? Thank you

      Hapus
  2. share info materi yang di pelajarinnya dong in , soalnya saya masih mahasiswa baru . dan terima kasih untuk info artikel yang ini sangat bermanfaat

    BalasHapus

Please type in your comments, If you do not use email, please select Anonymous, thank you

10 Top Articles