Translate To Your Language

Jumat, 10 Mei 2013

Pengenalan Ilmu Beladiri

Pengenalan Ilmu Beladiri

1.Mulut  (Mulutmu Adalah Harimaumu)
2.Mata  (Jaga Mata Untuk Hati dan Pikiran)
3.Hidung  (Mengetahui Bau Yang Membahayakan)
4.Telinga  (Menjaga Dari Pendengaran)
5.Jidat  (Hantam Kebagian Muka)
6.Gigi  (Gigit Saja…)
7.Tangan (Kuku,Kepalan Tangan dll)
8.Kaki ( Tumit dan Lutut)


Pengenalan Ilmu Beladiri

Pengenalan Ilmu Beladiri

Dalam tulisan ini kami mencoba memberikan informasi kepada pembaca tentang ilmu beladiri, kami yakin pembaca sudah banyak mengetahui tentang beladiri. Kembali kepada kata ilmu dan informasi, mungkin ilmu dan info yang pembaca sudah miliki dapat ditambahkan dengan tulisan kami ini.

Ilmu Beladiri yang kami maksudkan disini adalah ilmu untuk mempertahankan diri baik dengan perkataan maupun dengan indera tubuh kita yang lain, baik mata, tangan, kaki bahkan hati dan pikiran kita sendiri.
Mengapa ada perkataan, bahkan hati kita untuk membela diri, padahal pada umumnya beladiri banyak berhubungan dengan tangan dan kaki, benar ….sekali sahabat pembaca tapi disini kami mencoba memberikan informasi bagaiman mulut kita dijaga dari perkataan yang akan menyebabkan kita diserang seseorang baik dengan perkataan atau dengan tangan dan kaki orang tersebut.
Jadi pada intinya disini kami mencoba, menjelaskan semua anggota tubuh kita yang bisa kita manfaatkan untuk membela diri kita baik dari serang atau untuk menghindari terjadinya perkelahian.
Baiklah langsung saja sahabat pembaca silahkan baca beberapa  indera tubuh kita yang dapat kita pakai untuk membela diri, antar lain :


1. Mulut

Mengapa mulut?  “mulut” kami letakkan pada urutan pertama, karena mulut adalah indera tubuh ke 2 setelah mata yang sangat sering berhubungan dengan orang lain, maksudnya berhubungan bukan berarti mulut kita ketemu mulut orang lain, alias….ciuman….hehehe…

Maksud kami disini, bagaimana kita mengatur pembicaraan yang keluar dari mulut kita tersebut.
MULUTMU ADALAH HARIMAU MU, anda mungkin sering mendengar kalimat ini.

Maksud kalimat ini adalah menjelaskan bahwa berhati-hatilah dengan perkataan yang keluar dari mulut kita sendiri, karena perkataan tersebut menentukan diri kita dihormati atau dibenci orang lain, bahkan bisa jadi perkataan tersebut berbalik menyerang diri sendiri seperti serangan harimau, yang tiba-tiba tampa kita sadari perkataan kita itu membuat kita malu bahkan merugikan dirik kita sendiri.

Pada tulisan berikutnya akan kami jelaskan bagaimana peranan mulut ini membeladiri kita sendiri. Sekarang kita lanjutkan dulu apa saja yang bisa kita buat untuk membela diri kita.


2. Mata

Kita sudah tahu mata adalah indera tubuh kita yang pertama kali berhubungan dengan orang lain, berawal dari MATA, turuh ke Hati, naik KEPIKIRAN kita, lalu menggerakkan ANGGOTA TUBUH yang lain.

Kurang lebih seperti itulah proses kita berhubungan dengan orang lain, jadi mata adalah kunci utama kita untuk membela diri, mengapa kami sampaikan seperti itu, karena apa yang kita lihat akan langsung terinteraksi dengan indera tubuh yang lain.

Ilmu membeladiri kami maksudkan adalah bagaiman cara kita memanfaatkan semua anggota tubuh kita untuk membeladiri kita sewaktu diserang orang atau dengan mengontol anggota tubuh tersebut tidak terjadi serangan kepada diri kita.

Baiklah kita lanjutkan dengan anggota tubuh yang lain :


3. Hidung 

Hidung berguna  untuk mencium udara yang untuk pernapasan kita, dengan hidung kita bisa mengetahui apakah dalam suatu ruangan ada bau yang berbahaya bagi diri kita atau tidak.

Walau mata sudah melihat benda yang belum tentu berbahaya bagi kita tapi dengan menciumnya kita mengetahui apakah benda tersebut berbahaya atau tidak.

Dapat kami contohkan ketika kita menerima sebuah minuman, sebelumnya sudah kita lihat itu adalah minuman kaleng biasa, coba gunakan hidung kita untuk mencium bau dari minuman itu. Apakah minum itu sudah kadaluarsa atau punya bau obat serangga misalnya.

Jadi dengan begitu kita dapat menghindari diri dari bahaya minuman tersebut. Ditulis berikutnya kami akan menyampaikan memaksimalkan penciuman bau dari hidung kita.


4. Telinga

Kita sudah banyak tahu apa fungsi telinga bagi kita, telinga berfungsi sebagai alat pendengar kita, dengan telinga kita dapat mendengar suara-suara dari pembicaraan orang lain, atau suara apapun.

Dengan mengontrol pendengaran kita, kita dapat menjaga diri kita dari perkataan orang lain yang menyakitkan kita, ketika kita tidak mendengar perkataan tersebut tentu kita tidak ada pikiran untuk membalas orang tersebut.

Kontrol pendengaran kita sama pentingnya dengan menjaga mulut kita dari mengeluarkan kata-kata yang mungkin menyakitkan orang lain.


5. Jidat

Jidat adalah bagian depan atas kepala kita, saya yakin pembaca sudah tahu dimana letak jidat kita…hehehe….

Sahabat dalam tulisan ilmu beladiri ini, kami mengkonsentrasikan memanfaatkan apapun yang ada ditubuh dan sekitar kita untuk membela diri kita,baik untuk pencegahan kita melakukan serang atau untuk mempertahankan diri kita dari serangan.

Jidat adalah satu bagian kepala yang lumayan keras, biasanya jika kita membela diri kita dapat memfungsikannya dengan membenturkan jidat kita kepada hidung atau bagian muka seseorang yang menyerang kita.


6. Gigi
Anda pasti tahu gigikan ?…gigi bisa juga kita gunakan untuk membela diri kita, apalagi kalau kita tidak pernah gosok gigi selamat 1 bulan…hehehe.

Just kidding pembaca, pada intinya gigi dapat juga kita pakai untuk membela diri kita, terlebih lagi ketik anggota tubuh lain tidak dapat digunakan, misalnya tangan kita di pegang orang, tidak ada salahnya untuk membela diri kita, gigisaja tangan itu sampai terlepas genggamannya.

Jangan dimakan yah….hehehe….khawatir harimau atau singa nanti tersaingi, yah pada intinya apapun anggota tubuh kita yang bisa kita gunakan untuk membela diri, pergunakanlah sebaik mungkin.

Karena tidak semua orang bisa menggunakan tangan dan kakinya untuk membela dirinya dari serangan orang lain.


7. Tangan
Kami yakin semua beladiri banyak menggunakan tangan, tangan dapat banyak difungsikan baik untuk memukul, manampar, menyikut atau menjitak, intinya banyak bagian tubuh ditangan kita dapat difungsikan untuk membeladiri kita dari serang orang lain.

Kuku adalah bagian yang sangat baik untuk wanita, tapi jangan panjang-panjang yah, cukup 5 mm saja, karena jika kepanjangan adanya kuku kita yang patah. Kuku dapat digunakan untuk mencakar.

Jari-jari tangan ,bisa digunakan untuk mencolok dan membentuk kepalan tangan untuk memukul dan teknik lainnya, ditulisan berikutnya akan kami jelaskan fungsi jari-jari tangan berbentuk kepalan atau hanya  2 atau 1 jari tangan saja.

Untuk di artikel ini kami hanya mengenalkan saja bagian tubuh yang dapat kita gunakan untuk membela diri kita. Selanjutnya kita kebagian tubuh yang lain.


8. Kaki
Sudah umum seorang yang mahir menggunakan ilmu beladiri, kaki banya fungsinya untuk menendang dan mungkin saja menerjang, baik dengan lutut maupun dengan telapak kaki atau tumit.

Semakin bisa mengunakan kaki kita untuk difungsikan membela diri semakin baik pertahanan diri kita dari serangan orang lain, karena kaki dapat menjauhkan posisi penyerang dari tubuh kita, bahkan dapat melumpuhkan serangan orang itu sendiri.

Banyak ilmu beladiri menggunakan dua anggota tubuh kita yaitu tangan dan kaki, dan biasanya digunakan untuk olahraga beladiri, tapi di dalam perkelahian tidak menutup kemungkinan kita menggunakan anggota tubuh yang lain, bahkan alat apapun yang ada disekitar kita.

Pada intinya kita membuat bagaimana seserong yang menyerang kita lumpuh dan kita aman dari serangan orang tersebut, jadi jangan selalu mengutamakan teknik olahraga beladiri saja ketika terjadi perkelahian yang mungkin saja kita kalah skill dengan orang tersebut.

Cukup kita mengalah dengan kata-kata halus dan sopan orang tersebut bisa tidak menyerang kita. Pada intinya tulisan di blog tentang beladiri ini kami memfokuskan bagaimana kita dapat membeladiri kita dari serangan orang lain, dengan memanfaatkan anggota tubuh kita, orang lain atau benda yang ada disekitar kita.

Masih banyak yang dapat kita manfaatkan untuk membela diri kita, didalam artikel tulisan pengenalan ilmu beladiri ini, kami hanya membangkitkan keinginatahuan pembaca tentang beladiri, kami akan tulisan terus menerus apa saja yang bisa digunakan untuk membeladiri kita.

Baiklah sahabat pembaca cukup sekian pengenalan kami tentang ilmu beladiri, kami menulis hanya sekedar berbagi informasi untuk pembaca, agar pembaca dapat mengetahui mengapa orang menyerang kita, dan ketika diserang bagaimana cara membela diri kita dan lain-lainya.

Intinya jika bermanfaat tulisan di blog ini, ikuti terus tulisan kami, karena kami dapat informasi dari pengalaman kami sendiri, orang lain, pengetahuan dari luar pengalaman kami, dan alam sekitar kami.

Terimakasih, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please type in your comments, If you do not use email, please select Anonymous, thank you

10 Top Articles