Translate To Your Language

Rabu, 22 Mei 2013

Belajar Menenangkan Diri

Belajar Menenangkan Diri

1. Tingkatkan Percaya Diri
2. Latihan Mata Pada Cermin
3. Pengaturan Napas Normal
4. Mengontrol Gerak Tubuh


Belajar Menenangkan Diri
Belajar Menenangkan Diri

Pernahkah anda merasakan ketidak tenangan ketika menghadapi sesuatu, saya yakin anda pernah mengalaminya, apa yang bisa kita lakukan disaat itu, gugup, bingung atau mungkin melarikan diri dari situasi yang membuat kita tidak tenang tersebut.


Di tulisan artikel ini kita coba membagi berbagai cara agar kita tetap tenang menghadapi situasi tersebut, jika teman-teman punya cara lain, silahkan berbagi :


Sebenarnya cara menenangkan diri kita banyak caranya, namun yang dituliskan disini bagaiman menenangkan diri sendiri dengan kemampuan diri kita sendiri.
Baiklah langsung saja kepada cara-cara tersebut, diantaranya :

1. Tingkatkan Percaya Diri

 
Percaya diri kurang lebih adalah kemampuan untuk menyatakan diri kita mampu melakukan apa yang ingin kita kerjakan, kemampuan ini perlu dilatih tentunya dengan kemampuan yang kita miliki.

Ada beberapa situasi yang mungkin bisa membuat kita tidak tenang, misal ketika menghadapi orang yang lebih senior atau kita melakukan kesalahan yang mungkin kita akan mendapatkan hukuman.

Percaya diri dapat ditingkat dalam berbagai bentuk kemampuan yang kita miliki, misal kalau kita selalu tidak percaya diri berbicara dengan orang yang lebih tua, senior atau yang mempunyai kemampuan lebih dari kita, cukup dengan berusaha berkata santun kita dapat meneruskan berbicara dengan beliau.

Tapi tentunya tidak mudah, perlu latihan, latihan berbicara santun kepada orang yang lebih tua atau senior, karena jika perkataan kita tidak menyesuaikan beliau sudah tentu sulit bagi beliau untuk memahami kita, bahkan bisa-bisa kita ditinggalkan mereka ketika berbicara.

Begitupun ketika kita tidak percaya diri tampil di depan orang banyak untuk pidato atau presentasi, latihlah sebelum anda tampil, berlatih di depan cermin atau depan kucing anda, bawa santai ketika latihan.

Intinya untuk meningkatkan KEPERCAYAAN DIRI KITA, kita perlu berlatih, membiasakan, percaya diri bukan hapalan, tapi kemampuan, skill, untuk menguasai tersebut kita perlu berlatih dan berlatih.

Ketika kepercayaan diri kita tinggi biasanya kontrol gerakan tubuh dan wajah kita bisa kita atasi ketika berhadapan dengan situasi yang membuat kita tidak tenang. Rasa percaya diri tersebut dengan sendirinya menuntun kita cara menghadapi situasi tersebut.

Bagi yang tidak punya rasa percaya diri tinggi, pelajari kemampuan yang anda miliki, dan tingkatkan kemampuan itu, di dunia ini tidak ada kemampuan yang tidak bermanfaat bagi orang lain, jadi jangan ragu untuk terus melatih kemampuan atau keahlian yang anda miliki.

Seseorang yang percaya diri akan tenang menghadapi permasalahan yang akan dihadapinya, walau sebenarnya dia sendiri tidak tahu apa yang harus dilakukan, tapi dengan ketenangannya membuat situasi dan rekan yang lain akan memberikan petunjuk sendiri.

Bahkan permasalahan yang dihadapi itu akan memberikan solusi sendiri. Jadi yakin kan diri anda dengan kemampuan anda dengan terus berlatih, hingga rasa percaya diri anda terus meningkat.


2. Latihan Mata Pada Cermin

 
Cermin sangat baik untuk mengetahui kejujuran gerakan tubuh kita, khususnya wajah kita, dengan mencoba berbicara sendiri didepan cermin atau menggerakkan mata, mulut , kita dapat mengetahui posisi seperti apa yang akan membuat kita lebih nyaman.

Untuk latihan pada cermin ini, konsentrasikan latihan mata kita, bagaimana cara kita memandang seseorang dengan mata kita dapat langsung kita ketahui, apakah tatapan itu tajam atau malah mengendurkan rasa percaya diri kita.

Coba latih mata anda memandang cermin dengan fokus melihat diantara kedua mata anda diatas hidung, atau pandang bola mata anda selama mungkin, latih setiap hari, ini berguna ketika dalam situasi yang membuat kita gusar dan tidak tenang, kita dapat melihat dengan jelas melalui mata kita, apakah benar situasi ini akan membuat diri kita terancam dan lain-lainya.

Pandang cermin tersebut selama mungkin anda bisa, tapi tidak melotot atau kesan marah, tapi santai, penuh wibawa, bahkan mainkan senyum anda, dan perhatikan terus posisi wajah anda yang nyaman. Bila perlu tambahkan kata-kata dalam hati anda, berbicara sendiri.

Berbicara sendiri ini berguna meningkatkan kepercayaan diri anda, berkata “saya bisa” atau kata-kata yang membuat diri anda semakin meningkat kepercayaan diri anda.

Sebenarnya latihan mata dapat kita latih dengan cara lain, memandang sebuah lilin atau jarum jam dinding yang bergerak, berguna untuk meningkatkan konsentrasi mata kita.






3. Pengaturan Napas Normal

 
Mengatur napas sangat perlu ketika kita menghadapi situasi yang membuat diri kita tidak tenang, karena semakin napas kita teratur semakin detak jantung kita teratur.

Dengan teraturnya detak jantung kita semua aktifitas tubuh dapat terkontrol dengan baik, tariklah napas dalam-dalam lalu hembuskan pelan-pelan melalui mulut anda, dengan tarikan panjang yang teratur dan mengeluarkan perlahan-lahan dan teratur.

Ketika situasi yang membuat anda tidak tenang itu membuat napas anda tidak teratur, cepat kontrol napas anda, dengan berusaha membuat sirkulasi napas anda teratur kembali, seperti biasanya anda bernapas ketika tidak dalam situasi yang membuat anda tidak tenang.

Biasanya orang yang tidak tenang, napas mereka tidak teratur sehingga membuat detak jantung mereka tidak seperti biasanya. Perhatikan seorang petinju, walau mereka bergerak terus dan saling memukul tetap mereka berusaha membuat napas mereka teratur.

Hingga mereka tetap dapat melihat gerakan lawannya dengan tenang, sangat penting membuat napas kita teratur dalam situasi yang membuat kita tidak tenang, walau sebenarnya kita sendiri mungkin tidak tahu apa yang harus dilakukan untuk menghadapi situasi tersebut.

Latihan untuk mengatur napas kita dapat kita lakukan dengan berolahraga, misalnya seperti berenang, jogging atau jalan kaki yang menempuh jarak yang membuat napas kita tidak teratur, dengan sendirinya kita akan berusaha membuat napas kita teratur.


4. Mengontrol Gerak Tubuh

 
Perhatikan 3 item diatas, percaya diri, mata dan napas, semua itu bertujuan untuk point nomor 4 ini, yaitu berusahan mengontrol gerak tubuh kita, baik dari wajah, tangan dan yang lainnya.

Karena semakin kita tidak bisa mengontrol gerakkan tubuh kita semakin tidak tenang kita, pernahkah anda melihat seseorang yang selalu menggerakkan pulpennya ketika berbicara dengan seseorang.

Semakin cepat dia gerakkan pulpen tersebut, semakin tidak tenang dirinya, semakin dapat diketahui lawan bicaranya bahwa dirinya sedang tidak tenang, tentu ini tidak baik ketika kita sedang berdebat dan mendiskusikan sesuatu.

Cermin dapat kita manfaatkan untuk mengontrol gerakan tubuh kita dengan mata yang mengontrol gerakkan tubuh kita, dalam keadaan tidak tenang bukan berarti kita harus diam tidak menggerakkan anggota tubuh kita.

Tapi disini kita berusaha mengontrol gerakkan tubuh kita yang berlebihan, atau grakan yang sering kita lakukan, sehingga orang lain yang kita ajak berbicara mengetahui kita tetap tenang menghadap nya.

Sahabat pembaca dalam situasi yang tidak tenang bisa saja kita melakukan gerakkan tubuh diluar kesadaran kita dan ini tidak baik bagi kita, kalau gerakkan itu menguntungkan kita, sangat baik tentunya, tapi jika tidak, akan berakibat lebih buruk lagi bagi diri kita.

Cukup tulisan saya tentang cara menenangkan diri ini, coba latih dan tingkatkan 4 item tersebut semoga ada manfaatnya, ketika anda mengalami situasi yang membuat diri anda tidak tenang.

Karena hanya dengan berlatih kita dapat menguasai semua item tersebut, jangan dihapal tapi di praktekkan, karena kemampuan itu semua adalah keahlian, dan keahlian apapun dapat dikuasai dengan cara berlatih dan mempraktekkannya.

Oke sahabat pembaca semoga bermanfaat, jika pembaca ada saran lain, silahkan tuliskan komentar dibawah artikel ini, dan jika ingin membaca artikel tentang MOTIVASI DAN PETUNJUK lainnya silahkan klick artikel dibawah ini.


 4. Cara Bersabar Ketika Tertekan Masalah
 5. Cara Menganalisa Ancaman Dan Teror SMS

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Please type in your comments, If you do not use email, please select Anonymous, thank you

All Articles