Translate To Your Language

Rabu, 20 November 2013

Cara Mengingat Parts of Speech (Jenis-jenis kata) Bahasa Inggris

Cara Mengingat Parts of Speech (Jenis-jenis kata) Bahasa Inggris

1. Pahami, Mengerti dan Ucapkan
2. Banyak Membaca Artikel Berbahasa Inggris
3. Ketika Lupa berusaha Cepat mengingat


Cara Mengingat Part of Spech (Jenis-jenis kata) Bahasa Inggris

Cara Mengingat Parts of Speech (Jenis-jenis kata) Bahasa Inggris

Untuk menguasai bahasa inggris kita harus memperbanyak kosa kata yang kita ingat, saya mengatakan kita ingat bukan kita hafal, karena tidak ada gunanya menghafal lalu didiamkan dan akhirnya tidak ingat lagi dengan kata-kata yang telah kita hafal. Ada beberapa cara agar kita dapat mengingat kata-kata tersebut, baca dan pahami pengalaman saya semoga dapat petunjuk dari artikel ini.

Tujuan saya menulis adalah berbagi pengalaman kepada pembaca blog ini selain itu artikel yang saya tulis menjadi bahan pengingat diri saya sendiri, bukan untuk menunjukkan kemampuan saya, karena saya yakin banyak yang lebih pintar dari saya, semoga sedikit tulisan ini pembaca mendapatkan petunjuk untuk membantu mengingat kosa kata bahasa inggris.

1. Pahami, Mengerti dan Ucapkan
Apapun jenis bahasa yang kita pelajari kita tidak akan bisa mengerti dan mengucapkannya jika kita tidak mengerti jenis-jenis kata dalam kalimat yang ditulis dan di ucapkan.  Oleh sebeba itu coba pelajari dan pahami jenis-jenis kata tersebut antara lain :


-    Noun (Kata Benda)
Kata benda adalah kata yang mewakili nama suatu benda (maaf kalau salah yah, saya bukan ahli bahasa, tapi intinya seperti itu ), jadi jika ada nama benda yang kita sebutkan berarti itu kata benda, contohnya : buku (book), tangan (hand), kepala (head) dan lain-lainya.
Cobalah anda hafalkan setiap hari kata-kata benda yang ada disekeliling anda terlebih dahulu, bisa dimulai dari bagian tubuh kita seperti : jari (fingger), lengan (arm), jari jempol (thumb) dan lain-lainya.


Tantangannya adalah banyaknya kosa kata (vocobulary) yang akan kita hafal, tapi tidak perlu khawatir, BERBAHASA INGGRIS ATAU KEMAMPUAN BERBAHASA ADALAH KEMAMPUAN BERSIFAT SKILL, ATAU KEAHLIAN, ingat segala HAL YANG BERKAITAN SKILL hanya diperlukan KEMAUAN DAN MEMPRAKTEKKANNYA ATAU DILAKUKAN BERULANG-ULANG.

Terasa sia-sia jika kita hanya menghafal 100 kata, tapi hanya sebatas dihafal, tidak sampai 3 hari anda akan lupa  sebagian kata yang dihafal, 10 hari kemudian hampir semua kata yang anda hafal akan anda lupa.

Oleh sebab itu kemampuan anda mengulang dan menggunakan kata tersebut yang paling penting, kalau menghafalnya hanya suatu metode agar kata-kata tersebut tersimpan sementar di otak kita.

Dapat di contohkan, misalnya kita sudah menghafal 10 kata benda yang ada di tubuh kita, misal : knee (lutut), hair (rambut), eye (mata), nouse (hidung), mouth (mulut), paha (leg), fore finger (jari telunjuk), ring finger (jari manis), cheek (pipi), dan lip (bibir). Setiap kita melakukan kegiatan sehari-hari misalnya kita nyisir rambut, coba ingat apa arti rambut dalam bahasa inggris, ketika anda tidak ingat cepatlah buka catatan atau kamus anda, lakukan segera dan secepat mungkin, karena ketika kita sudah terbiasa, tak perlu lagi kita membuka kamus atau catatan kita itu.

Kita fokus membiasakan kata-kata tersebut ada dikehidupan kita sehari-hari, jadi tanpa anda sadari , anda bisa sendiri, contoh ketika kita berusaha mengajari anak balita berbicara, tidak letih-letihnya kita menguang kata ‘mama’ dan ‘papa’ untuk memberitahukan anak kita bahwa ini mamanya dan papanya.

HAFALKAN, JADIKAN KEBIASAAN, JIKA LUPA SEGERA DAN SECEPAT MUNGKIN CARI TAHU UNTUK MENGINGAT KEMBALI, CUKUP DI INGAT SAAT ITU SAJA , BUKAN MEMAKSAKAN MENUNDA PEKERJAAN ANDA LALU MENGHABISKAN WAKTU MENGHAFAL KEMBALI, YANG CUKUP DILAKUKAN SETELAH KITA PERNAH MENGHAFAL ADALAH MENGINGAT KEMBALI...BUKAN MENGHAFAL LAGI.

Kita tidak perlu menghafal jutaan kata yang ada di kamus, yang kita perlukan adalah MENGETAHUI DAN MENGERTI KATA YANG INGIN KITA GUNAKAN, kenapa saya sampaikan seperti itu, seorang guru bahasa inggris dan dosen bahasa inggris  terkadang mereka tidak mengerti kata benda yang ada di limu TEKNIK SIPIL ATAU ILMU EKONOMI, kalau mereka hanya belajar di dunia pengajaran saja.

Jadi orang yang bisa dikatakan berbahasa adalah orang yang mengerti bahasa yang disampaikan orang lain kepadanya, jadi pastikan diri anda CUKUP MENGERTI DAN MENGETAHUI KATA YANG PERLU ANDA KETAHUI, seperti kata-kata yang ada dikehidupan sehari-hari anda dan kata-kata percakapan anda tiap hari.

- Pronoun (Kata Ganti)
Kata ganti tidak sebanyak kata benda, jadi dapat dengan mudah kita hafal dan kita ingat, kata ganti yaitu : saya (I), kamu (you), dia perempuan (she), dia laki-laki (he), ia kata benda (it), kita (we), kalian, mereka ( they).


Cukup kita hafalkan kata ganti tersebut, saya yakin ketika kita bisa ingat dengan mudah, karena setiap hari kita gunakan, contohnya ketika kita mengatakan ingin makan, i want to eat ( saya ingin makan) dan seterusnya.

- Verb (kata kerja)
Kata kerja adalah kata yang mewakili aktivitas yang kita kerjakan, contoh makan (eat), lari (run) dan jalan (walk). Cara mempelajari  sama dengan cara mempelajari kata benda, cukup kita cari arti kata yang biasa kita lakukan setiap hari.

Metode menghafal dan mengingatnya juga sama, cukup anda berusaha mengingat setelah menghafal dan jadikan kebiasaan setiap hari, kemampuan otak kita dengan segala memory yang tersimpan didalamnya dapat kita manfaatkan ketika kita lupa kita coba mengingatkan kembali.

- Adjective (Kata Sifat)
Kata sifat dapat diartikan kata yang mewakili keterangan suatu kata benda, misalnya mewakili warna benda tersebut, sifat karakteristik benda tersebut, seperti : red (merah), yellow (kuning), soft (lunak), hard (keras) dan lain-lainya.

- Adverb (Kata Keterangan)
Kata keterangan adalah kata yang memberi keterangan kepada kata benda, kata kerja, contohnya : always (selalu), never (tidak pernah), rarely ( jarang), dalam tulisan berikutnya saya akan mencoba menjelaskan cara membuat kata keterangan dari kata sifat dan kata kerja.

- Conjunction ( kata sambung)
Kata sambung bisa diartikan kata yang menyambungkan dua kalimat atau dua kata benda, antara lain kata sambung itu adalah : and (dan), or (atau), but (tapi), because (karena), setiap kita berbicara dan menulis kata tersebut sering digunakan untuk memperjelas kalimat kita.

- Interjection ( kata seru )
Kata seru sebenarnya adalah kata yang refelek kita gunakan, kata tersebut di indonesia atau di inggris berbeda-beda, misalnya ketika kita merasa kaget mungkin kita berkata : oh iya! dalam bahasa inggris kata ini akan berbeda sesuai dengan kebiasaan orang tersebut bisa mereka katakan oh! Saja, jadi perkataan ini selalu berkembang dan cukup kita ketahui saja.
Sedikit pengetahuan saya tentang jenis-jenis kata, sekarang tergantung pembaca ingin mengembangkan kemampuannya.

2. Banyak Membaca Artikel Berbahasa Inggris
Sahabat pembaca, banyak membaca adalah salah satu cara kita menambah kosa kata kita, jadi jangan ragu untuk membaca artikel berbahasa inggris, ketika kita tidak mengerti, atau tata bahasa serta tensesnya tidak mengerti, cepat cari tahu untuk memahami dan mengerti kalimat tersebut. Pahami tulisan tebal dibawah ini :


semakin cepat kita berusaha mengetahui semakin cepat kita bisa, semakin cepat kita melakukan sesuatu yang telah kita ketahui semakin cepat kita mengetahui apa saja yang kita tidak bisa, semakin cepat kita mendapatkan hasil, hasil yang kita ketahui menjadi parameter mengukur kemampuan kita hingga kita akan meningkatkan terus pengetahuan kita.

3. Ketika Lupa berusaha Cepat mengingat
Kosa kata yang telah kita hafal bisa saja kita lupa, tapi jika sudah menjadi kebiasaan kita, kecil kemungkinan kita lupa, jadi setelah kita menghafal beberapa kosa kata, bila kita lupa cepat cari tahu untuk mengingat kosa kata itu kembali, andalkan kamus kecil bahasa inggris yang mudah dibawa, atau buku catatan kecil yang telah anda catat untuk menghafal, paling baik adalah kamus yang menjelaskan cara melafalkan kata tersebut.

Kemampuan mengingat seseorang akan bertambah jika kita menggunakan semua  anggota ditubuh kita, contoh mata, telinga, dan mulut, ketika seseorang menghafal ada yang menggunakan alat tulis, menulis di kertas sehingga mata, tangan dan pikiran berfungsi membantu mengingat, bahkan jika di lafalkan dengan suara keras, mulut dan telinga membantu kita untuk mengingat, terlebih lagi jika kita sambil menggerakan tangan atau jari. Jadi semakin banyak anggota tubuh kita membantu mengingat suatu kata, semakin tidak mudah kata tersebut hilang dalam pikiran kita.

Sahabat pembaca sedikit pengalaman untuk teman-teman yang belajar bahasa inggris otodidak semoga bermanfaat.

Jika ingin membaca artikel yang berhubungan silahkan klick artikel dibawah ini :


1. Cara Belajar Bahasa Inggris Otodidak
2. Membuat Singular Dan Plural Nouns Bahasa Inggris
3. Belajar Menghafal Kosa Kata Bahasa Inggris 


3 komentar:

  1. thanks man! that is really really helpful for indonesian!


    sale promo from shopee come on!

    Gaya untuk main

    https://shopee.co.id/Gaya+Untuk+Main+-col.21359?smtt=1.3098

    BalasHapus
  2. Sangat membantu. Terima kasih kakak!

    BalasHapus

Please type in your comments, If you do not use email, please select Anonymous, thank you

10 Top Articles