Translate To Your Language

Rabu, 15 Mei 2013

Cara Menghindari Virus Komputer

Cara Menghindari Virus Komputer
1.Waspada Ketika Surfing Di Internet
2.Berhati-hati Pemindahan Data Flasdisk
3.Berhati-hati Ketika Menginstall Software
4.Rental  Komputer dan Warung Internet
5.Sharing Di Network Kantor
6.Antivirus Bukan Jaminan Komputer Tidak Kena Virus
7.Download


Cara Menghindari Virus Komputer
Cara Menghindari Virus Komputer

Apakah anda tahu mengapa seorang maling ingin masuk rumah kita ? sedikit petunjuk ,maling ingin masuk kerumah kita, mungkin karena  ada yang mau di ambil si maling itu. Bagaimana cara mencegahnya, sedikit petunjuk jangan pernah memperlihatkan sesuatu yang menurut orang lain berharga.


Mengapa saya bercerita maling sedangkan judulnya tentang virus komputer, sahabat pembaca virus komputer tidak lebih dari sebuah program yang hanya ingin merugikan kita. 


Kembali kepada cerita maling tersebut, jika didalam komputer anda tidak ada sesuatu yang berharga, tidak perlu kawatir dengan virus tersebut, paling amannya tinggal anda format hard disk kita.

Tapi yang ingin saya sampaikan disini, bagaimana cara kita agar tidak melakukan format hard disk kita tersebut, karena akan membuat komputer kita tertunda untuk dipakai seperti biasanya. Cerita tentang maling tersebut saya coba sedikit jelaskan kepada proses virus masuk kekomputer kita.


Seorang maling tidak akan berniat maling dirumah kita jika kita tidak menunjukkan sesuatu yang berharga menurut simaling tersbut. Dan untuk masuk kerumah kita si maling butuh cara, nah..cara ini lah kita coba untuk antisipasi.


Jadi Intinya adalah ada media untuk memasukkan virus kekomputer  kita, atau ada cara si maling masuk kerumah kita, pencegahan itu antara lain :


1. Waspada Ketika Surfing Di Internet

Media yang paling mudah suatu virus masuk ke komputer kita adalah Internet, karena internet adalah sumber informasi yang kita butuhkan, ketika kita sedang asik membaca, mengklick suatu situs atau link tertentu.

Saat seperti ini program virus bisa disisipkan pada link tersebut, perhatikan ketika loading membuka suatu website jika loading lama, loading lama tersebut bukan karena modem kita yang lambat, bisa jadi jaringan sewaktu kita buka situs tersebut di penuhi dengan program virus yang ingin masuk ke komputer kita.

Cara terbaik adalah ketika kita ingin surfing di internet, selalu hapalakan link website yang kita inginkan, atau buat bookmark pada browser anda, misalnya anda ingin mengakses blog ini, langsung saja tuliskan infokup.blogspot.com, atau ke google, tulisakan saja langsung, goolge.com atau google.co.id.

Karena  jika anda mengklick suatu link pada website tertentu, maka link tersebut akan mengarahkan ke jendela baru, ketika jendela baru tersebut lama prosesnya, bisa jadi ada link lain yang menyusup sebelum membuka link yang anda inginkan.

Jadi ada baiknya setiap mengakses suatu situs langsung tuliskan pada browser anda nama website atau blog tersebut.


2. Berhati-hati Pemindahan Data Flasdisk

Media lain yang sangat mudah virus menyebar adalah dengan flash disk atau hard disk internal, mmc card dan media penyimpanan data yang eksternal.

Mengapa ini bisa terjadi, karena kita tidak dimana virus itu berada, bisa jadi flash disk anda pernah di akses di warung internet, di kantor yang anda sendiri tidak tahu apakah flash disk anda ada virusnya.

Andai pun di komputer anda ada anti virus, tidak akan berguna abadi atau selamanya, karena maling itu lebih pintar dari polisi, maksud lebih pintar disini, karena maling mencari cara masuk sebelum kejadian, sedangkan polisi mengantisipasi maling masuk dengan cara mempelajari cara-cara sebelumnya maling itu bisa masuk.

Begitupun anti virus, karena tidak menutup kemungkinan pembuat anti virus juga penyebar virus, agar anti virus laku dijual, jadi ada teknik gimana seorang programmer membuat anti virus yang bermanfaat bagi orang lain, jika virus nya tidak ada, untuk apa anti virus tersebut.

Oleh sebab itu, pertukaran data melalui penyimpanan data eksternal lebih baik di minimalisasi terjadi, baik melalui flash disk, mmc card, eksternal hard disk dan lain-lainnya.


3. Berhati-hati ketika menginstall software

Mengapa selalu pencipta software menyarankan memakai software original buatan mereka, karena untuk menghindari ketika suatu software di bajak atau gratis, disisipkan program lain ketika and install program yang anda ingginkan tersebut dalam komputer anda.
Jadi ada baiknya kita beli software original, memang mahal tapi kita lebih aman menggunakan laptop kita, biasanya ketika kita membeli laptop ata desk komputer, penjual sudah menawarkan dengan menginstalkan softaware di laptop atau desk komputer anda.

Saat seperti ini siapkan daftar software yang anda butuhkan, tetapi di indonesia biasanya hanya softaware windowsnya dan office tapi program additional lain tidak di berikan seperti Autocad, Winamp, winzip dan lain-lain.

Ada baiknya anda sepakat dulu dengan penjual untuk di installkan program-program tambahan tersebut, karena ada resikonya ketika anda mendownload program dari internet, terlebih lagi itu gratis.

Jika aman ketika proses download dan installnya anda beruntung, tapi jika sewaktu menginstal di sisipkan program lain, tentunya tidak baik bagi laptop anda, sebaiknya biarkan si penjual yang menginstalkannya, walau sebenarnya anda pun bisa.

Biasanya penjual yang baik akan bertanggung jawab terhadap barang yang dijualnya, jadi bila ada masalah penjual pun tahu apa yang harus dilakukan pada software yang di installnya.


4. Rental  Komputer dan Warung Internet

Jika kita sering beraktifitas menggunakan eksternal hard disk atau flash disk di rental komputer atau warnet (Warung Internet) besar kemungkinan flash disk kita di sisipi virus.

Mengapa saya sampaikan seperti itu karena banyaknya pemindahan data yang terjadi di komputer Rental dan warnet tersebut, kita tidak mengetahui kehebatan virus tersebut, antivirus bukan jaminan virus tidak bisa masuk ke flash disk.

Kalau antivirusnya yang buat si A dan sipembuat sudah mengantisipasi virus B itu tidak masalah, tapi kalau yang muncul virus Z, belum tentu anti virus si A bisa mengantisipasi virus Z tersebut.

Jadi langkah terbaik, hindari pemindahan data yang terlalu sering di rental komputer dan warung internet.


5. Sharing Di Network Kantor

Apakah anda sekarang bekerja di kantor yang menggunakan network komputer, pasti anda punya juga Messenger Network, atau media untuk menyampaikan pesan antar komputer di network tersebut.

Dan biasanya akan sering dibuat komputer A terkoneksi dengan komputer B dan seterusnya, ada baiknya laptop pribadi anda tidak terhubung dengan jaringan ini, atau jangan melakukan sharing kekomputer lain.

Karena salah satu media yang sering dipakai untuk menyelipkan virus adalah jaringan komputer, sehebat apapun server tetap punya kelemahan, server yang paling hebat adalah server yang tidak menunjukkan kelebihannya.

Sehingga maling atau virus tidak ada niat menantang keamanan server tersebut atau ingin mengambil sesuatu di server tersebut. Ingat TIDAK ADA ORANG PINTAR DI DUNIA INI, HANYA ADA ORANG YANGLEBIH SEDIKIT KEMAMPUANNYA DARI ORANG LAIN YANG ADA.

JADI JIKA ANDA MERASA PINTAR, BERSIAP-SIAPLAH ANDA AKAN MENJADI ORANG PALING BODOH DILINGKUNGAN ORANG YANG MEMPUNYAI KEMAMPUAN LEBIH SEDIKIT DARI ANDA.


6. Antivirus Bukan Jaminan Komputer Tidak Kena virus

Mudah-mudahan anda bukan orang yang punya paham “ jika rumah sudah di jaga satpam atau body guard bahwa rumah itu sudah aman.

Seperti yang saya sampaikan tentang virus, bahwa bisa saja yang buat anti virus yang membuat virus itu sendiri agar soft ware anti virusnya laku. Bisa saja ada kerjasama antara pelaku dan yang bertugas menjaga barang anda.

Jadi tetaplah pakai prinsip “ LEBIH BAIK JANGAN MEMBERITAHUKAN SESUATU YANG BERHARGA ADA DIRUMAH ANDA, AGAR TIDAK ADA PEMIKIRAN OKNUM ATAU SIAPAPUN UNTUK MENCOBA MENGAMBIL,  jadi lebih hindari hal-hal yang akan membuat virus masuk atau media pembawa virus tersebut.


7. Download
Proses download dari situs atau blog tertentu bisa saja disisipkan program lain agar terinstal di komputer anda, terlebih lagi jika software hasil download anda free ware alias gratis.

Karena tidak ada jaminan bahwa software tersebut tidak disisipkan program lain atau virus, ada baiknya download apapun gunakan komputer khusus, setelah di coba dulu, jangan langsung dengan laptop atau komputer yang selalu anda gunakan.

Banyak freeware software atau software gratis di internet, tapi tetap waspada ketika mendownloadnya, ingatlah segala sesuatu yang gratis atau bayar ada tujuannya, jika tujuannya baik kita aman, tapi jika tidak, siap-siap memformat hard disk anda.

Cukup sekian tulisan saya, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Please type in your comments, If you do not use email, please select Anonymous, thank you

All Articles