Translate To Your Language

Kamis, 16 Mei 2013

Cara Menginstall Software Komputer

Cara Menginstall Software Komputer

1.Persyaratan Spesifikasi Komputer
2.Temukan file SETUP.EXE
3.Yes or No
4.Next or Cancel
5.Congratulations
6.Lakukan Restart Komputer


Cara Menginstall Software Komputer
Cara Menginstall Software Komputer

Artikel ini ditulis untuk pembaca yang belum memahami cara menginstal software dan ragu-ragu melakukan install software, untuk yang sudah mengetahui semoga menambah ide barunya.


Ada yang unik dalam menginstalasi suatu software yaitu YES or NO atau Next or Cancel, yang masing-masing bermaksud setuju dan tidak, melanjutkan dan batalkan, jadi kesimpulannya, jika anda ingin selesai proses instalasi suatu program cukup klick tombol YES dan Next.


Baiklah langsung saja kami mencoba mengarahkan pembaca dengan sedikit petunjuk dari kami ini :



 

1. Persyaratan Spesifikasi Komputer
Software apapun yang ingin kita install pasti meminta syarat-syarat spesifaksi kemampuan suatu computer agar software tersebut bisa berfungsi dengan baik.


Misalnya jika kita ingin menginstall Autocad 2010 ke computer yang punya processor Pentium II, tentunya software tersebut tidak bisa dipasang atau di install pada computer tersebut karena Autocad 2010 mempunyai persayarataan yang tidak mencantumkan Processor Pentium II.


Begitupula dengan persyaratan resolusi gambar atau VGA card, jika suatu game software membutuhkan VGA yang punya kemampuan 2 Gb, sedangkan computer kita hanya 1 Gb VGAnya, sudah tentu Game tersebut tidak bisa di install di computer kita.


Jadi perhatikan beberapa syarat antara lain yang sering diminta suatu software yaitu Processor, apa jenis processor kita sama dengan yang diminta software tersebut, atau lebih tinggi kemampuannya, jika lebih tinggi, berarti tidak masalah menginstall software tersebut di computer kita.


Memory, perhatikan memory yang diminta suatu Game Software, biasanya tertulils RAM 1 Gb, dan lain-lainnya, jika memory kita sama atau lebih besar  berarti game tersebut dapat kita install di computer kita.


Space Hard Disc, Ruang kosong Hard Disk biasnya akan dicantumkan pada cd installation suatu software berapa ruang hard disk yang dibutuhkan agar software tersebut bisa berjalan baik dikoputer kita, jika yang diminta software tersebut butuh ruang kosong 2 Gb, sedangkan kita  mempunyai ruang kosong di DRIVE C (System) lebih dari 2 Gb berarti tidak bermasalah  di install.


Ingat yang dilihat dikomputer kita adalah ruang kosong pada hard disk C kita, yang biasnya diinstall WINDOWS di drive tersebut, semakin banyak kosong ruang hard disk tersebut, semakin cepat loading suatu software untuk di gunakan.


Bukan drive D atau E yang berupa data, yang anda chek, tapi hard disk pertama kali anda menginstall Operating Sytem, baik Windows XP, Windows 7 ,Windows 8 atau linuk dan lainnya yang diperlukan ruang kosongnya.


VGA Card, kemampuan resolusi gambar computer kita lebih tinggi atau tidak dengan yang disyaratkan oleh software tersebut. Selain yang saya sebutkan diatas ada beberapa lagi yang dibutuhkan misalnya apakah OS (Operating System) kita sama dengan yang software tersebut minta.


Jika OS kita linux sedangkan software mintanya Windows 7, tentunya software tersebut tidak bisa kita pasang di computer kita, andaipun  dipaksakan akan terjadi Crash antar system.

 

2. Temukan file SETUP.EXE
Apapun software yang anda akan install ke computer anda, cari lah file yang ber exstention *.exe, tanda ” *” disini dimaksudkan adalah nama file dari software yang akan anda install, biasanya tertulis SETUP.

Dapat kami contohkan misalnya anda ingin menginstall program Autocad, cari di folder CD nya yang akhiran setelah titiknya bertuliskan EXE, tapi carilah file yang terbesar dari file EXE yang ada, karena bisa saja ada file EXE yang ukurannya kecil dari yang lain.

File dari autocad untuk install ini bisa saja SETUP.EXE dan bisa saja ACAD.EXE, Click kiri 2 kali file tersebut, biasanya kita akan diarahkan kelayar baru, yang rata-rata akan meminta kita memasukkan data penggunan (user) atau CD Key, Serial Number atau apa saja, carilah file CD Key tersebut pada CD atau folder installation anda.

Anda jangan ragu untuk cara install apa saja, yang perlu anda ragukan adalah apakah installation anda itu original atau tidak, karena biasanya jika tidak original OS (Operating System) biasanya Microsoft akan memberi peringatan bahwa software yang anda install tidak di izinkan dengan berbagai alasan.

Tapi anda jangan kawatir karena pilihannya pasti YES or NO, click saja YES, maka proses installasi anda terus berjalan sampai selesai, walau biasanya setelah anda install ada peringatan lagi, tapi itu tidak masalah, karena Microsoft hanya mengingati anda bahwa program yang anda install mungkin tidak terdaftar Microsoft.


3. Yes or No
Mengapa saya tuliskan YES or NO sebagai item ke 2, karena dalam proses instalasi, selalu ada 2 tombol ini, “YES” dimaksudkan anda Setuju, dan “NO” anda tidak setuju berarti proses instalasi tidak dilanjutkan.

Andai kita tidak mengerti benar bahasa inggris yang ada pada layar tersebut, anda tidak perlu ragu, jika ingin melanjutkan instalasi berarti klick “YES”, jika tidak mau berarti ada item yang harus anda isi terlebih dahulu atau di chek list box item tersebut.

Jadi bagi yang baru awal mencoba-coba melakukan instalasi jangan ragu yah, lanjutkan saja instalasi tersebut, karena perintah selanjutnya selalu berusaha mengarahkan kita agar proses instalasi berjalan sampai selesai.

Begitupun ketika kita mencoba menginstall Office word, excel dan lain-lain pada computer kita, cari saja file EXE nya, selanjutkan akan di tampilkan memasukkan cd key, atau nama user, intinya setiap proses penginstallan suatu softaware tidak akan terlepas dari kata YES dan NO.


4. Next or Cancel
Setelah kita mengklick tombol YES biasanya akan ditampilkan layar yang menyuruh kita melanjutkan atau membatalkan proses installasi, yaitu tombol NEXT atau CANCEL.

NEXT bermaksud melanjutkan, sedangkan CANCEL bermaksud membatalkan proses installasi anda. Jadi kita dapat pahami, kalau ingin melanjutkan proses instalasi tekan NEXT tapi jika tidak ingin tekan CANCEL.

Pilihan tombol ini sudah umum, dan memang akan selalu diarahkan agar user yang menginstall program tidak kebingungan, yang terpenting program tersebut dapat terinstall di computer user.



 

5. Congratulations
Anda pasti tahu arti Congratulations, jika tidak tahu buka terjemahan dari googel yah.….,Maksud dari congratulations ini adalah ucapan SELAMAT kepada anda, bahwa program yang anda install sudah terinstall pada computer anda.

Di tampilan ini anda akan ditunjukkan bahwa software yang anda install sudah terpasang di computer anda dan biasanya jika software yang anda install tersebut mempunyai volume besar misalnya 1 Gb, biasanya akan meminta kita me Restart computer kita.

Dan akan tampil pada layar terakhir install, tapi tentunya tidak semuanya seperti ini, jika yang di install volume kecil, seperti WinAmp, WinRAR, WinZip atau yang lainnya, tidak akan meminta restart computer.

Tapi saran saya setelah anda install apapun pada computer anda, lakukanlah RESTART Selalu, tujuannya agar program yang baru kita install tersebut terintegarasi dengan OS kita.


6. Lakukan Restart Komputer
Permintaan Restart Komputer ini, biasanya akan muncul ketika kita menginstall software yang file EXE nya besar atau memang program tersebut besar, seperti Autocad, Photoshop dan lain-lainya.

Tapi jika program tersebut seperti WinAmp atau program kecil lainnya, biasanya tidak akan meminta restart, tapi syaran saya tetap lakukan proses Restar Komputer.

Proses Restart computer ini sangat diperlukan, agar software yang baru saja terinstall dapat digunakan sebaik mungkin, karena dikawatirkan jika kita tidak melakukan Restart, sering jerjadi Crash ke system OS kita, maksudnya akan membuat masalah baru pada system kita.

Baiklah pembaca cukup tulisan saya malam hari ini, semoga bermanfaat, jika anda ingin membaca artiekel Komputer lainya, silahkan klick artikel dibawah ini :


1. Cara Menghindari Virus Komputer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please type in your comments, If you do not use email, please select Anonymous, thank you

10 Top Articles