Translate To Your Language

Minggu, 05 Mei 2013

Cara Belajar Bahasa Inggris Otodidak

Cara Belajar Bahasa Inggris Otodidak
A.    Writing = Menulis
B.    Reading = Membaca
C.    Listening = Mendengar
D.    Speaking = Berbicara



Cara Belajar Bahasa Inggris Otodidak


Cara Belajar Bahasa Inggris Otodidak

Bahasa adalah salah satu cara agar kita bisa menyampaikan niat hati dan pemikiran kita kepada orang lain, tidak dapat dipungkiri perkembangan bahasa di indonesia sangat beragam,  salah satu perkembangan bahasa yang sangat perlu kita kuasai adalah BAHASA INGGRIS.


Semua bidang pekerjaan dan usaha memerlukan penguasaan bahasa inggris, mengapa saya sampaikan seperti itu, karena bahasa inggris adalah bahasa internasional yang cukup banyak dikuasai berbagai bangsa.


Ketika kita berhubungan dengan bangsa lain, misalnya dengan warga negara  jepang, karena kita tidak bisa mengerti bahasa mereka, apalagi tulisan mereka yang akan terlihat asing bagi kita yang belum mengenal bahasa jepang. 


Satu-satunya solusi agar 2 warga negara yang berbeda itu dapat berkomunikasi mereka harus bisa dalam satu bahasa, dan rata-rata awal pertama bahasa yang dipakai adalah BAHASA INGGRIS.


Baiklah sahabat pembaca saya yakin pembaca sudah pada mengerti semua pentingnya berbahasa inggris, saya disini mencoba berbagi pengalaman kepada pembaca apa saja yang perlu kita kuasai untuk bisa berkomunikasi dengan baik dengan bahasa inggris.
Tahapan Bahasa inggris yang harus dikuasai antara lain :


A.    Writing = Menulis
B.    Reading = Membaca
C.    Listening = Mendengar
D.    Speaking = Berbicara



A.    Writing = Menulis
Untuk menguasai cara MENULIS berbahasa inggris kita perlu menguasai TATA BAHASA atau GRAMMAR, tata bahasa disini bermaksud untuk menyusun perkataan kita agar dapat dipahami dengan orang yang kita ajak berkomunikasi dalam bahasa inggris.


Ada beberapa hal yang harus kita kuasai untuk bisa menulis dalam bahasa inggris dengan tata bahasa inggris-indonesia, antara lain :


a)    Mengetahui Kosa Kata  (Vocabulary)
b)    Mengetahui Tata Bahasa (Grammar)


Cara untuk menguasai ke 2 hal yang penting tersebut adalah dengan cara menulis dengan tangan pada kertas atau dengan keyboard pada komputer anda. Saya coba jabarkan satu persatu cara menguasai nya.



a)    Mengetahui Kosa Kata (Vocabulary)

Cara mengetahui kosa kata sangatlah mudah, dengan mengandalkan kamus Indonesia-Inggris kita sudah cukup mengetahui kosa kata umum yang biasa digunakan, atau menggunakan translate dari Google.

Tapi untuk menguasai kosa kata tersebut kita perlu berbagai usaha antara lain dengan menghafalkan kosa kata itu terlebih dahulu.

Saran saya adalah mulailah dengan bagian tubuh anda dari bagian luar seperti mulut, hidung sampai bagain dalam seperti jantung, hati dan lain-lain. Jika anda sudah mulai menguasainya, cara selanjutnya adalah membiasakan kosa kata tersebut sering terdengar di telinga kita, hingga secara perlahan tertanam dalam pikiran kita.

Dapat saya contohkan, bagaimana seseorang anak balita belajar bahasa, walau anak kita keturunan indonesia, kalau dari kecil sudah kita berikan kosa kata bahasa inggris, perlahan dan pasti sesuai perkembangan umurnya, anak tersebut mulai mengerti dan memahami kosa kata yang sering ia dengar.

JADI SETELAH ANDA HAFAL JADIKANLAH KOSA KATA ITU BIASA TERDENGAR OLEH KITA TIAP HARINYA.
Caranya antara lain, anda merekam suara anda ketika mengucapakan kosa kata tersebut, lalu berikanlah waktu tiap pagi hari untuk mendengar kata-kata tersebut, gunakan handphone atau media lain, yang penting tiap pagi anda mendengar terus kosa kata tersebut.

Mengapa saya sarankan tiap pagi habis bangun tidur, karena disaat itulah pikiran kita yang kosong mudah diisi dengan hal-hal yang bermanfaat bagi kita.


b)    Mengetahui Tata Bahasa (Grammar)

Cara mengetahui Tata Bahasa juga sangat mudah, cukup anda beli buku tata bahasa inggris, atau anda rajin saja terus membaca blog ini, karena rencana saya halaman BELAJAR BAHASA INGGRIS akan saya isi dengan artikel-artikel CARA BELAJAR BAHASA INGGRIS.

Kalau sudah kita ketahui, sekarang kita harus tahu cara menguasainya, antara lain salah satu caranya adalah, kita sering menulis dalam bahasa inggris, caranya adalah tulis saja kegiatan yang telah kita lakukan hari ini misalnya dengan bahasa indonesia.

Setelah anda menulis dengan bahasa indonesia cerita anda dihari ini, sekarang coba anda susun kalimat-kalimat tersebut dengan tata bahasa inggris GRAMMAR. Mungkin awalnya kita lambat untuk menyusun kalimat-kalimat tersebut, walau kita sudah menguasai banya KOSA KATA.

Tidak masalah lambat, perlahan dan pasti anda akan terbiasa, dengan sendirinya anda akan melatih menyusun kalimat anda sendiri dengan bahasa inggris, walau sering kali anda buka kamus atau grammar.

Semakin anda melakukan aktivitas ini setiap malam, tanpa anda sadari kosa kata dan cara menyusun kalimata bahasa inggris dengan grammar sudah anda kuasai. Bagaimana anda tahu apakah susunan kalimat anda sudah benar atau belum.

Cara mengetahuinya cukup anda cari teman yang sudah bisa atau masih belajar bahasa inggris, diskusi atau anda aktif menulis di facebook dengan punya teman-teman yang bisa berbahasa inggris atau teman yang benar-benar dari luar negeri yang bisa bahasa inggris.



B.    Reading = Membaca

Untuk menguasai cara Reading bahasa inggris dengan belajar sendiri adalah :

1.    Banyak membaca artikel bahasa inggris
2.    Buat account social internet seperti facebook atau Google+
3.    Membaca didepan cermin dan direkam


Karena kita belajar sendiri tampa pemandu atau tutor, bangkitkanlah kesadaran kita untuk mencari tahu terus tentang cara membaca dengan benar, dengan mengeja kata perkata secara perlahan didepan cermin atau orang lain.



1.    Banyak membaca artikel bahasa inggris


Jika anda bisa baca artikel ini anda berarti sedang online atau anda sedikit banyaknya bisa mengakses ke internet, jadi cobalah download artikel, atau berita dalam bahasa inggris.

Lalu baca perlahan-lahan, jika ada kata yang tidak mengerti, langsung catat dan cari tahu artinya, dan bagaimana cara melafalkan atau mengucapkan kata tersebut.

Saran saya belilah kamus yang ada cara melafalkan kata dalam bahasa inggris, banyak terdapat di toko buku, seperti Toko buku Gramadia, atau toko-toko buku lainya.

Atau yang paling mudah jika anda bisa mengakses internet, download saja, dan cari di Google, cara mengucapkan kata dalam bahasa inggris. Bacalah kalimat tersebut didepatn cermin agar lidah dan cara pengucapan anda mendekati benar, karena kita tidak ada yang menunjuki apakah lafal kita benar atau tidak.

Lakukan rekaman terhadap kata-kata tersebut, dan sering dengar ulang apakah sudah benar cara membaca kalimat atau kata tersebut.



2.    Buat account social internet seperti facebook atau Google+


Sangat saya sarankan cara seperti ini, dengan adanya account ini kita bisa bicara secara tertulis dengan teman-teman yang bisa bahasa inggris.

Dan cobalah ajak komunikasi dengan menelpon mereka dan berbicara dengan bahasa inggris. Jika ada kesalahan saya yakin teman kita akan memberitahukan, minimal dia kebingungan terhadap apa yang kita ucapkan kepadanya.

Dengan kebingungan teman kita itu, kita bisa pelajari kembali, apakah cara membaca kata atau kalimat kita sudah benar atau belum.



3.    Membaca didepan cermin dan direkam

 
Cara berikutnya adalah kita mencoba untuk mengucapkan setiap kata didepan cermin dan direkam, tujuannya agar kita tahu apakah cara membaca kalimat kita sudah benar atau belum.

Karena kita tidak ada yang menunjukkan, rekamlah suara kita itu dengan Handphone atau alat lain, saya yakin handphone jaman sekarang sudah punya alat rekamnya.

Yang terpenting ketika belajar sendiri atau otodidak :


TINGKATKAN KEMAUAN MENCARI TAHU DAN JANGAN PERNAH MENYERAH, KARENA HANYA ORANG YANG BERHENTI BERUSAHA SAJA YANG GAGAL, JIKA MASIH BERUSAHA TIDAK ADA SATUPUN ORANG YANG BISA MENGATAKAN GAGAL.

C.    Listening = Mendengar

Ada beberapa cara agar kemampuan kita mendengar dan mengartikan suatu pembicaraan ketika bedialog bahasa inggris dapata meningkata antara lain :


 

1.    Menonton Film Berbahasa Inggris

Menonton film berbahas inggris banyak manfaatnya ketika kita belajar bahasa inggris, karena bisanya dialog di film tersebut cepat, seperti kita berbahasa indonesia dengan teman kita.

Saran saya cari film drama percintaan, drama keluarga atau film kartun berbahasa inggris, biasanya film seperti ini dialog bahasa inggrisnya mudah kita pahami.

Jangan nonton dulu film action, karena film action rata-rata dialognya cepat, sehingga akan membuat kita bingung, bahkan bisa mengendukan semangat kita, kenapa kita tidak paham dialog film tersebut.

Jadi belajarlah dengan film-film yang dialognya tidak cepat, biasanya film dari negara Inggris atau film Asia yang dialognya berbahasa inggris.


2.    Menonton Berita TV Berbahasa Inggris


Jika anda punya tv cable, dengan layanan tv tersebut anda bisa memilih berita berbahasa inggris, biasany berita di tv mudah di cerna pembicaraannya. Jika tidak punya coba nonton di metro tv, biasanya ada berita berbahasa inggrisnya.

Masih banyak lagi cara yang bisa kita lakukan untuk mendengar dialog bahasa inggris, dengan mendengarkan radio BBC atau lainnya. Jadi semangat anda yang dibutuhkan disini, karena ketika belajar sendiri, pasti ada satu saat semangat kita menurun.




 

E.    Speaking = Berbicara

Untuk latihan berbicara ini sangat dibutuhkan keberanian kita berbicara dalam bahasa inggris, biasanya jika kita baru belajar, kita sangat kawatir kalau ucapan kita salah.

Carilah teman yang sudah bisa berbahasa inggris, lalu bicara dengan beliau, dan minta petunjuk beliau ketika ada kesalahan ucapan atau tata bahasa kita dalam pengucapan. Jika kita tidak punya teman secara tatap muka untuk berbicara.

Saya sarankan kembangkan account facabook anda atau goole+ anda, atau media socil internet lainnya, coba lah tukar nomor handphone dan carilah teman yang bisa berbahasa inggris, bila perlu orang yang dari luar negeri, biasanya mereka bisa berbahasa inggris.


Sahabat  pembaca cukup tentang cara belajar bahasa inggris otodidak, yang terpenting adalah kemauan kita untuk bisa bahasa inggris, karena tidak menutup kemungkinan terkadang semangat kita menurun, simak saja terus artikel tentang belajar bahasa inggris di blog ini, saya akan terus menulis dan membagikan informasi yang mudah-mudahan bermanfaat bagi pembaca.


HANYA SESEORANG YANG BERHENTI BERUSAHA YANG BISA DIKATAKAN GAGAL, SELAMA KITA MASIH BERUSAHA TIDAK ADA SATU ORANG PUN YANG BISA MENGATAKAN KITA GAGAL,  JIKA ADA YANG MENGATAKAN  KITA GAGAL KETIKA SEDANG USAHA BERARTI ORANG TERSEBUT MENGINGINKAN KITA GAGAL.


Untuk membaca artikel Bahasa Inggris lainnya silahkan baca artikel dibawah ini:

1. Cara Belajar Bahasa Inggris Otodidak
2. Membuat Singular Dan Plural Nouns Bahasa Inggris
3. Belajar Menghafal Kosa Kata Bahasa Inggris

13 komentar:

  1. بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِِ ..
    Sangat membantu trms..!!

    BalasHapus
  2. Greats. Thanks for you this article very good. I waiting next your article about learn english otodidak.

    BalasHapus
  3. terimakasih untuk artikelnya, sangat bagus, ijin share ya

    BalasHapus
  4. Trimakasih banyak buat artikelnya

    BalasHapus
  5. makasih atas infonya sangat membantu sekali..

    BalasHapus
  6. makasih atas infonya sangat membantu sekali..

    BalasHapus
  7. Tutarni : Terima kasih atas pembelajaran yang bermanfaat, semoga saya sebagai pembaca mendapatkan banyak wawasan dari Blog ini :)

    BalasHapus
  8. Thanks. Banyak inspirasi yang saya dapat dari sini. Tulisan diatas menambah wawasan saya dalam mempelajari bahasa inggris.

    Artikel terkait :belajar bahasa inggris mudah

    Mungkin sobat dapat berkunjung juga ke blog saya. :)

    BalasHapus
  9. Wahhh sgt membantu sekali, terimakasih banyak yaa :D

    BalasHapus
  10. Mitra Penerjemah | Jasa penerjemah tersumpah di jakarta
    Merupakan sebuah lembaga yang bergerak di bidang jasa dan kami berdiri sejak tahun 2005
    Kami melayani translation:
    -CV
    -Jurnal
    -Abstrak
    -Legalisasi dokumen
    -Tugas Sekolah/Kuliah
    -Esai/Karangan
    -Dokumen penting (KK/KTP/Akta Kelahiran/Akta Tanah)
    Kami juga menyediakan jasa: -SWORN TRANSLATOR resmi untuk kebutuhan pembuatan visa atau kedutaan.
    File dapat dikirim melalui email:mitrapenerjemah@yahoo.com
    Kontak Kami Alamat:
    Jl. Olahraga 1 no.33B, Condet Raya-Jakarta Timur
    Phone. 021-50448230 – 082123532858 (Whatsapp)
    website kami: www.mitrapenerjemah.com

    BalasHapus
  11. informasi yang berguna sekali ya!

    thx udah berbagi!

    #BroDay (diskon s/d 76%)

    https://shopee.co.id/Broday+-+19+Jul+-+GoCamping%21-col.21963?smtt=1.3166

    BalasHapus

Please type in your comments, If you do not use email, please select Anonymous, thank you

10 Top Articles