Translate To Your Language

Senin, 03 Juni 2013

Belajar Kosa Kata Bahasa Inggris

Belajar Menghafal Kosa Kata Bahasa Inggris
1. Hafalkan Setelah Bangun Tidur
2. Hafalkan Sebelum Tidur
3. Gunakan Kosa Kata Dengan Membaca
4. Gunakan Kosa Kata Dengan Menulis
5. Gunakan Kosa Kata Dengan Mendengar

Belajar Menghafal Kosa Kata Bahasa Inggris
Cara Menghafal Kosa Kata Bahasa Inggris

Untuk anak sekolah atau mahasiswa menghafal mungkin pekerjaan yang sering dilakukan, bagaimana dengan karyawan yang sibuk dengan pekerjaannya, apakah ada waktu dalam keletihannya setelah bekerja.
Kami mencoba memberikan sedikit info bagaimana menghafal kosa kata bahasa inggris dan kita bisa ingat kapanpun kita butuhkan. Caranya antara lain :

1. Hafalkan Setelah Bangun Tidur
Kemampuan seseorang mengingat paling baik adalah ketika pikiran kita belum terlibat dengan aktivitas kita sehari-hari. Karena jika sudah terlibat dengan aktivitas sehari-hari kita maka pikiran akan mencoba mengingat kejadian aktivitas sebelumnya dan ini akan menyita pemikiran kita.

Berikan waktu setelah bangun tidur 15 menit sampai 30 menit hanya untuk menghafal kosa kata bahasa inggris yang kita belum hafal. Dapat kita lakukan ketika kita di kamar mandi atau masih di atas kasur,bisa juga di meja kerja rumah kita, yang terpenting tanpa ada gangguan dari anak atau istri kita.

Karena jika sudah terlibat dengan aktivitas kita di pagi hari, adanya kita cepat lupa dengan apa yang kita hafal. Lakukan menghafal cukup 10 kosa kata setiap hari, tanpa kita harus mengingatnya lagi di hari berikutnya.

Mengapa tidak perlu mengulang di hari berikutnya, karena kita disini berusaha membuat pikiran kita mengingat apa yang pernah kita isi di otak kita di setiap bangun tidur, kita berusaha membiasaka kosa kata tersebut, bukan untuk menyebutkan di depan guru atau dosen kita.

Setiap bangun tidur jika tidak ingat, baca kembali kosa kata tersebut. Kita berusaha membiasakan kosa kata tersebut ada dipikiran kita, ketika dalam membaca, menulis dan mendengar bahasa inggris, kita lupa dengan kosa kata tersebut, kembali lihat catata kita.

Ingat biasakan kosa kata tersebut ada di otak kita, jika sudah ingat, baru hafal kosa kota yang baru, kemampuan memory otak kita dapat mengingat karena seringnya kita melakukan suatu aktivitas bukan kuantitas banyaknya kita melakukan tapi hanya sedikit mengulangnya.

2. Hafalkan Sebelum Tidur
Kosa kata yang telah kita hafal setelah bangun tidur, lakukan kembali sebelum kita tidur, kemampuan mengingat sangat baik di isi ketika kita akan istirahat karena tidak ada pemikiran lagi menjelang tidur.

Lakukan 15 menit sampai 30 menit bila perlu kita tertidur karena menghafal kosa kata tersebut. Kegiatan yang dilakukan berulang-ulang akan memudahkan otak kita mengingat kembali. Jadi berikan waktu kita sebelum tidur untuk menghafal kosa kata tersebut, ingat sebelum tidur.

Jangan lakukan menghafal ketika kita ingin tidur tapi menghafal dulu lalu melakukan aktivitas lain, akan sia-sia hafalan kosa kata kita, karena niatnya adalah mengisi otak kita dengan kosa kata tersebut sebelum tidur, Bukan ketika kita ingin tidur, tapi 15 menitnya menjelang tidur kita melakukan aktivitas lain, yang terjadi adalah kita akan lupa dengan hafalan tersebut ketika bangun tidur.

Pastikan ketika sudah mau tidur kita menghafal kosa kata tersebut, agar ketika bangun tidur kita dapat mengingat kembali. Biasanya otak yang di isi sebelum tidur dapat diingat lebih cepat oleh pikiran kita dari pada kita menghafal sambil melakukan aktivitas lain.

3. Gunakan Kosa Kata Dengan Membaca
Setelah setiap hari kita rutin melakukan aktivitas menghafal sebelum dan sesudah bangun tidur, lakukan langkah membiasakan kosa kata tersebut, luangkan waktu untuk membaca artikel berbahasa inggris.

Dengan membaca kita dapat mengetahui kemampuan mengingat kita apakah kita sudah terbiasa dengan kosa kata tersebut, ingat disini kita membiasakan kosa kata tersebut dipakai, bukan hanya sekedar menghafal lalu tidak pernah membaca artikel berbahasa inggris.
   
Akan sia-sia usaha kita menghafal kosa kata tersebut setiap sebelum dan sesudah bangun tidur, karena akan cepat lupanya kita dengan apa yang telah kita isi di otak kita, jalan terbaik untuk membantu pikiran kita mengingat kembali yaitu dengan membaca artikel berbahasa inggris.

Setiap kita menemukan kosa kata bahasa inggris yang tidak kita mengerti, cepat catat lalu dihafalkan sebelum dan sesudah bangun tidur, tidak akan menyita waktu kita banyak untuk melakukan hal ini.

Aktifitas pekejaan kita terus berjalan, kita hanya berusaha membiasakan menggunakan bahasa inggris tersebut, karena bahasa adalah tidak akan bisa digunakan kalau hanya dihafalkan saja.

Akan cepat hilang semua yang kita hafal bila kita tidak membaca artikel yang ada hubungannya dengan kosa kata tersebut, ingat yang ada hubungannya, bukan berarti harus sama dengan kosa kata yang pernah kita hafal.

Dengan membaca kita memancing otak kita untuk kembali mengingat apa yang pernah kita hafalkan. Artikel bahasa inggris banyak bisa kita dapatkan khususnya di internet, coba copy paste artikel tersebut, suatu saat kita baca ulang, dan coba pahami isi artikel tersebut.

4. Gunakan Kosa Kata Dengan Menulis
Cara terbaik untuk membiasakan kosa kata selalu  ada di otak kita salah satu caranya adalah dengan menulis, tuliskan apa saja yang berkaitan dengan kosa kata yang telah kita hafal. Gunakan kertas atau komputer kita. Kelebihan kita menggunakan kertas atau buku, membiasakan tangan kita dan pikiran untuk menulis kosa kata tersebut, dan jika kita lupa dapat kita baca ulang. Kalau dengan komputer tujuannya sama hanya saja tidak praktis karena akan menghidupkan laptop kembali kalau kita lupa.

Ada juga yang baik adalah menyimpan di note pad handphone black berry kita atau gadget yang lain, intinya bila kita lupa dapat langsung menemukan kosa kata tersebut, karena disaat itu otak kita terpancing dan terlatih untuk mengingat, jangan malas atau enggan buka catatan kosa kata sebelumnya, kita disini berusaha membuat kosa kata tersebut berada di otak kita, dengan cara membiasakan dan membuat kosa kata tersebut familiar di pikiran kita.

Paling mudah adalah mempraktekkan tulisan kita kepada catatan harian kita, kita dapat menulis di diary kita tersebut dengan bahasa inggris, jika lupa atau tidak tahu ungkapan atau kosa kata yang sedang ingin kita tulis, cepat cari tahu atau tulis saja dengan bahasa indonesia kosa kata tersebut, jika sudah ada waktu baru kita cari artinya dan cara pengucapannya.

Biasanya karyawan sepulang kerja akan keletihan untuk mencoba menghafal kosa kata tersebut, cara yang kami sampaikan ini berusaha membuat kosa kata tersebut selalu berada di otak kita, dan sewaktu-waktu kita butuhkan kita bisa mengingatnya kembali, jadi biasakan dan sering gunakan kosa kata tersebut, baik di penulisan atau sering mendengarnya.

5. Gunakan Kosa Kata Dengan Mendengar
Teknologi disaat saya menulis ini sudah memadai untuk melakukan rekaman suara kita sendiri atau mendapatakan berita dari video berbahasa inggris, dan masih banyak juga panduan berbahasa inggris yang menggunakan bahasa inggris ketika mempresentasikan pengajaran bahasa inggrisnya.

Kita bisa dapat dari you tube, atau radio berbahasa inggris, atau kita coba dengan google translate, lalu rekam suara video tersebut, agar sewaktu-waktu kita bisa mendengarkan kembali. Semakin sering kita mendengarkan berita atau film yang berbahasa inggris semakin terbiasa telinga kita, terlebih lagi ketika kita tidak mengerti apa yang diucapkan seseroang di film tersebut, mungkin karena cepatnya dia berbicara.
Saran saya coba dengarkan dulu berita-berita yang berbahasa inggris, karena biasanya reporter tersebut mengucapkan bahasa inggrisnya lebih mudah kita pahami dari pada langsung memahami pembicaraan bahasa inggris di film, karena di film bisa terlalu cepat bicaranya, sehingga kita kesulitan memahami atau mengikuti cara mengucapkannya.

Saran terbaik saya adalah menggunakan google translate, tulisakan kosa kata yang anda ingin hafal dan cara mengucap atau mengejanya, lalu rekam suara dari google tersebut, sehingga sewaktu-waktu anda bisa memutarnya kembali, gunakan teknologi hand phone yang bisa merekam atau dengan gadget khusus merekam suara.

Tidak ada dahan akar pun jadi, mungkin anda pernah dengan pribahasa ini, jadi jangan menyerah karena situasi atau keadaan tidak mendukung kita untuk belajar, cari terus jalan keluarnya, karena belajar sendiri sangat sulit jika kemauan kita lemah untuk menguasai suatu keahlian, tidak ada yang menunjuki kita, mengajari kita kecuali artikel dan buku yang kita baca. Kemauan kita yang menentukan kita bisa atau tidak untuk mengusai pelajaran atau keahlian yang ingin kita kuasai.

6. Ketika Lupa Langsung Lihat Di Catatan
Untuk bisa kosa kata yang kita hafal berada terus di otak kita, pikiran kita harus terus dilatih, dengan seringnya kita membaca dan menulis, memancing pikiran kita untuk mengingat kembali kosa kata yang pernah kita hafalkan, kuncinya adalah ketika kita lupa langsung cari tahu apa artinya, agar kita ingat kembali, biasanya ketika kita ingin cari tahu kembali kita malas membukan catatan kita itu.

Belilah buku saku untuk mencatat kosa kata kita tersebut, dan urutkan dengan nomor agar kita tahu sudah berapa banyak kosa kata kita hafalkan, karena jika suatu hari kita mencoba belajar bahasa lain kita bisa dengan mudah mengikuti kosa kata yang telah kita catat lalu di artikan. Ingat catat kosa kata yang sering kita gunakan, bukan kosa kata yang tidak akan kita gunakan.

Dengan sering kita mencatat kosa kata, akan melatih mata, tangan dan pikiran kita untuk mengingat kembali, sediakan kertas corat coret selain buku kecil atau buku saku tersebut, belajar membiasakan diri, ketika ada kosa kata yang tidak kita ketahui langsung catat, dan coba menghafalnya langsung, pekerjaan rutin kita adalah hanya menghafal sebelum tidur dan sesudah bangun tidur, menghafal yang lainnya hanya sesaat untuk mengingat apa yang pernah kita hafal.

Disini kita belajar sendiri tidak ada petunjuk untuk kita melakukan apa yang harus kita pelajari, jadi mantapkan kemauan kita agar kita bisa menguasai kosa kata bahasa inggris tersebut. Orang lain bisa, kenapa kita tidak, jangan iri dengan fasilitas mereka tapi bangkitlah dengan fasilitas yang anda miliki.

Baiklah sahabat pembaca cukup tulisan saya untuk artikel ini, jika ingin membaca artikel lain tentang cara belajar bahasa inggris lainnya silahkan klick artikel dibawah ini :

1. Cara Belajar Bahasa Inggris Otodidak
2. Membuat Singular Dan Plural Nouns Bahasa Inggris
3. Belajar Menghafal Kosa Kata Bahasa Inggris

1 komentar:

  1. terima kasih ilmunya. untuk menghafal vocabulary. sy sering pakai aplikasi android ini https://goo.gl/wGr632
    fiturnya bagus. bisa atur alarm pengingat sesuai dengan keinginan sendiri. ada gamesnya juga :)

    BalasHapus

Please type in your comments, If you do not use email, please select Anonymous, thank you

10 Top Articles